1.247 Guru Bakal Diserahkan ke Provinsi

guruPEKANBARU– Merujuk pada Undang-undang 23/2014 tentang Pemerintah Daerah tentang pengalihan kewenangan ke Pemerintah Provinsi, Dinas Pendidikan Pekanbaru sedang melakukan pendataan. Pada undang-undang 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, disebutkan bahwa pendidikan menengah sederajat dialihkan dari urusan pemerintah/kota menjadi Pemerintah Provinsi Riau. Tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga ada di bidang ketenagakerjaan seperti pejabat fungsional pengawas ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan peralihan status dari guru Kota Pekanbaru menjadi Guru Provinsi Riau memang sudah harus dilakukan. Ia juga menyebutkan, nantinya jumlah guru yang bakal di serahkan kepada Provinsi Riau sebanyak 1.247 orang.

“Mulai bulan Oktober mendatang seluruh PNS baik guru akan menjadi kewenangan Pemrov Riau. Untuk itu kami lakukan pendataan mana saja guru yang statusnya akan berganti. Itu (1.247 orang,red) meliputi seluruh guru baik tenaga pendidik, pengawas dan bidang TU. Bukan hanya guru saja. Jumlah itu terdata dari 16 SMA dan 7 SMK di Pekanbaru,” ujarnya.

Meskipun status guru SMA/ sederajat tersebut akan menjadi tanggung jawab Provinsi Riau, namun untuk anggaran honor bagi 1.247 guru masih berada di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. “Didalam masa peralihan Provinsi kan belum menganggarkan. Makanya kami akan terus memberikan honor sampai Januari 2017,” tuturnya. (oya)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *