1.378 ASN Pemko Pekanbaru Pindah ke Pemprov Riau

PEKANBARU– Adanya pemindahan kewenangan beberapa SKPD sesuai dengan UU no 23 tahun 2014, tercatar ada 1.378 orang yang pindah dari Pemko Pekanbaru ke Pemprov Riau
Sebagian besar ASN yang pindah dari Pemko Pekanbaru ke Pemprov Riau tersebut didominasi oleh gurui PNS yang mengajar di SMK dan SMA Negeri. Sejak kewenangan pengelolaan SMK dan SMA negeri diambil alih Pemko Pekanbaru, maka guru-guru PNS yang mengajar disekolah tersebut juga terpaksa dipindahkan ke Pemprov Riau.
“Sebanyak 1.351 guru PNS yang selama ini mengajar di SMK dan SMA negeri yang ada dibawah naungan Pemko Pekanbaru, sekarang sudah pindah seluruhnya ke provinsi,”kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Masriah, di Kantor Walikota Pekanbaru, akhir pekan kemarin.
Selain itu, ada 16 ASN tenaga perlindungan hutan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru dan 11 ASN pengawas ketenaga kerjaan di dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru juga pindah ke Pemprov Riau.
“Proses pemindahanya sudah selesai, di BKN (Badan Kepegawaian Nasional) juga sudah selesai. Jadi meraka ini secara sah sudah menjadi tanggung jawab Pemprov Riau. Termasuk soal gajinya,”katanya.
Tidak hanya pindah ke Pemprov Riau, ada 45 ASN yang ada dilingkungan Pemko Pekanbaru yang berpindah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Yakni petugas terminal, penyuluh KB dan penyuluh perikanan.
Akibat adanya kebijakan ini, tidak hanya berdampak terhadap berpindahkanya ASN Pemko Pekanbaru ke Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat, namun ada juga sejumlah ASN yang pindah dari Provinsi Riau ke Pemko Pekanbaru. Yanki untuk petugas tera di UPT Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru.
“Jumlah ada 7 orang yang pindah dari Provinsi ke Kota,”kata Masriah.
Adanya pemindahan kewenangan sesuai UU no 23 tahun 2014 ini, berdampak terhadap anggaran Pemko Pekanbaru. Khusunya soal anggaran yang meyangkut gaji para ASN yang pindah tersebut.
Dengan adanya perpindahan ASN yang jumlahnya mencapai ribuan orang tersebut, berdampak terhadap berkuranganya anggaran yang digelontorkan Pemko Pekanbaru untuk membayarkan gaji para ASN ini.
“Iya, sekarang anggaran untuk gaji berkurangan sekitar Rp 5 miliiar perbulanya. Desember 2016 kemarin kita masih menggarkan Rp 26 milliar untuk gaji dan tunjangan jabatan ASN. Bulan ini, turun menjadi sekitar Rp 21 milliar,”kata Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKAD) Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan menambahkan. (*/FR)
Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *