12 Rabiul Awal, Kisah Sang Pembawa Risalah Terlahir ke Dunia

664xauto-sang-pembawa-risalah-itu-lahir-ke-dunia-151223lHARI ini menjadi momen sangat bersejarah bagi umat Islam di seluruh dunia. Sekitar satu setengah milenium lalu, seorang anak yang akan mengubah dunia terlahir.

Dia adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib. Lewat anak inilah, agama agung Islam tumbuh dan berkembang mewarnai dunia hingga saat ini. Ya, nama lengkap dari Rasulullah Muhammad SAW, sang pembawa risalah dari Allah SWT.

Rasulullah lahir dari pasangan ayah Abdullah bin Abdul Muthalib dan ibu Aminah. Abdullah sebenarnya sangat menantikan kelahiran putranya tersebut. Tetapi, harapan itu sirna lantaran Abdullah meninggal tujuh bulan sebelum kelahiran Rasulullah.

Saat Rasulullah berada dalam kandungan, sang kakek, Abdul Muthalib pernah bermimpi cucunya akan menjadi pemimpin dunia dan memiliki banyak pengikut. Sementara sang ibu, Aminah, tidak merasakan kelelahan seperti dirasakan wanita hamil kebanyakan saat mengandung Rasulullah.

Tepat pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah, bertepatan dengan 20 April 571 Masehi, Mekah dilanda ancaman peperangan. Suku Quraish selaku suku yang menjaga Kota Mekah mendapat serangan dari tentara mengendarai gajah di bawah pimpinan Abrahah Al Ashram.

Tujuan serangan itu untuk menghancurkan Kabah, situs bersejarah peninggalan Nabi Ibrahim AS. Suku Quraish tidak sanggup menghadapi serangan itu dan Abdul Muthalib sebagai pimpinan suku memilih pasrah.

Tiba-tiba, langit Mekah dipenuhi sekawanan burung yang disebut Ababil dalam jumlah besar. Kawanan burung ini terbang sembari membawa batu panas dari neraka.

Saat pasukan gajah berada di lembah Muhassir, lembah di antara Mina dan Muzdalifah, burung-burung itu melepas batu yang mereka bawa. Alhasil, pasukan gajah dibuat berantakan sehingga tujuan penghancuran Kabah gagal.

Di saat genting ini, Rasulullah lahir ke dunia. Oleh sang ibu, Rasulullah diberi nama kecil, Ahmad.

(Pelbagai sumber)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *