14 Orang Meninggal Akibat Badai Es di Texas

14-orang-meninggal-akibat-badai-es-di-texas-2fkYCTMvwjTEXAS – Cuaca buruk menghampiri Texas, Kansas dan Oklahoma, Amerika Serikat (AS) selama libur panjang akhir pecan ini. Sedikitnya empat belas orang menjadi korban akibat hujan es yang menyebabkan kecelakaan diikuti banjir yang menyapu orang-orang dari mobil mereka.

“Delapan orang tewas dalam banjir di North Texas dan enam orang lainnya tewas akibat kecelakaan yang berkaitan dengan badai es di Kansas dan Oklahoma,” demikian laporan Associated Press, dikutip dari USA Today, Minggu (29/11/2015).

Di Oklahoma, hujan es yang turun mengalami penebalan hingga 2,5 sentimeter. Akibatnya, 100 kecelakaan dilaporkan terjadi di Texas dan selatan Plains pada Jumat malamnya.

“Ini situasi yang sangat berbahaya karena suhu di sini mendekati titik beku. Es itu kelihatannya mungkin seperti air. Faktanya, ketika es dalam kondisi nyaris beku, teksturnya akan lebih licin dibanding saat kondisinya turun mendekati 20 derajat celcius,” kata Senior Meteorologi Accueweather Alex Sosnowski.

Alex menambahkan badai yang semakin parah akan membuat jutaan orang kesulitan untuk pulang hari Minggu ini, selepas perayaan Thanksgiving bagi warga di AS.

“Ribuan orang tidak mendapatkan pasokan listrik dan pohon-pohon di sini bertumbangan akibat badai diiringi hujan air dan hujan es,” terangnya.

Seorang meteorologi senior di Accuweather lainnya, Paul Walker memprediksi hujan di Texas juga akan berlanjut hingga Minggu malam dan membawa tambahan setengah inci untuk satu seperempat inci curah hujan yang ada sekarang.

“Hujan baru akan mulai berhenti pada Senin karena badai bergeser ke Dataran Tengah dan Midwest,” tambahnya.

“Ini merupakan tahun yang cukup basah di Texas dengan pola El Nino. Sudah banyak badai yang datang melalui Pasifik tahun ini dan kemudian mereka bergerak melintasi Meksiko dan ke Texas,” kata Walker.

Video di bawah menampilkan liputan USA Today mengenai badai di Texas:

(ful)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *