1,5 Jam Tes Wawancana, Enam Calon Setda Sumringah

DUMAI– Hari kedua Tes Kompetensi Manajerial Seleksi Terbuka calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai yang berlangsung tertutup dilantai dasar Hotel Comfort untuk sesi pertama, Rabu (11/1/2017) pukul 08.00 WIB sampai pukul 09.30 WIB keenam calon sekda mengikuti Leaderlist Grup Discussion (LGD).

LGD diselenggarakan oleh tim Asesor diantaranya, Indah Sari Amita SH LLM jabatan administrator, Yunilawati SSTP MSI jabatan project officer, Fani Fifiyanti SPSi jabatan tester, T Gunawan Fabri SPi MSi jabatan observer, Donny Yusrizon MSi jabatan observer, dan Riau Nurmeida SE jabatan observer.

Pantauan di Comfort Hotel keenam calon sekda Dumai terlibat saling diskusi sesuai pertanyaan yang diberikan oleh tim asesor. Diskusi terkait kondisi Kota Dumai sekarang ini. Bagaimana keenam calon sekda mempertahankan argumen mereka saar berdebat dalam diskusi santai.

Meskipun berdebat mempertahankan argumen, usai LGD berlangsung keenam Aparatur Sipil Negara (ASN) saling berjabat tangan. Diskusi ini dilakukan untuk melihat bagaimana kepemimpinan para calon sekda.

Usai tes sesi pertaman, keenam calon setda yang ditemui mengaku tidak menemukan kesulitan. “Tak ada yang sulit, yang didiskusikan terkait dengan kerja sehari-hari saja. Cuma bangaimana cara memecahkan persoalan serta mencari solusi sehingga terciptakan pemerintahan yang baik,”ujar mereka.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dumai, Muhammad Nasir mengakui tidak ada persiapan khusus tekait tes yang dijalankan kedepannya. “Mengalir saja. Karena setiap apa yang ujikan merupakan keseharian dari pekerjaan kita,” ujarnya.

Begitu juga dengan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dumai, Zulkarnain yang mengatakan, tes ini memang ada beberapa hal yang sulit, tapi bisa dikerjakan semuanya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dumai Marjoko Santoso, dimana hari ini hanya diskusi saja. Diskusi membahas perkembangan Kota Dumai saat ini.

Juga disampaikan mantan Kepala Bappeda Dumai Surya Irianto, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Dumai Hamdan Kamal dan Amiruddin Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, dimana tes ini tidak lepas dari pekerjaan yang pernah diemban.

Tim Asessor menguji kecapakan masing-masing peserta lewat Leaderless Group Discussion (LGD). Selain untuk melakukan tanya jawab secara terpisah.

Pukul 11.00 WIB dilanjutkan dengan tes wawancara dengan waktu 1,5 jam yang terbagi tiga ruangan, untuk ruangan lantai dasar pukul 11 s/d 12.30 WIB diisi oleh calon setda H M Nasir sedangkan lantai II H Surya Irianto dan H Zulkarnain. Sedangkan pada pukul 12.30 WIB dilanjutkan dengan peserta H Marjoko Santoso, H Hamdan Kamal dan H Amiruddin.

Usai menjalani tes wawancara tersebut terlihat dari aura muka mereka tidka terlihat bebat atau kesulitan dalam menjabat pertanyaan tim asesor. Keenam calon setda terlihat sumringah.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *