200 Balpres Berada di Gudang Pabean KPP Bea Cukai

240116034147_polisi-amankan-kapal-pembawa-ratusan-karung-pakaian2DUMAI-Pasca Pencegahan Balpres Pihak Kantor Pelayanan, Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Kota Dumai Senin (8/2) lalu, berhasil mengamankan balpres lebih kurang 200 ball dari lima truck coltdiesel di dua lokasi berbeda.

Adapun lima mobil truck coltdiesel pengangkut balpres itu yakni bernomor polisi BA 8311 NU, BA 9327 EU, BA 9926 CT, BA 9649 LU dan BA 8480 AI. Kelima mobil ini diketahui membawa balpres dari Pelabuhan Rakyat Sungai Arang yang berada di Nerbit Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan.

Penangkapan kelima truck coltdiesel itu berawal ketika pihak penindakan dan penyelidikan (P2) KPPBC Kota Dumai mendapatkan informasi dari masyarakat. Kemudian tim menindak lanjuti laporan tersebut dan menemukan tiga truck coltdiesel di Simpang Lampu Merah Pelintung Jalan Sukarno Hatta, saat diperiksa tim P2 menemukan sejumlah balpres di dalam mobil tersebut.

Tidak lama berselang dari itu, tim P2 KPPBC kembali mengamankan dua mobil truck coltdiesel di simpang lampu merah Jalan Sukajadi dan Jalan Ombak. Kemudian kelima mobil tersebut bawa ke kantor KPPBC Kota Dumai.

Kasubsi Penyelidikan dan Barang Hasil Penindakan Bea dan Cukai Dumai, Jayadi, Selasa (9/2) membenarkan pihak KPP Bea Cukai Kota Dumai mengamankan lebih kurang 200 balpres dari lima truck coltdiesel di dua lokasi berbeda di Kota Dumai.

“Saat tim P2 mendapatkan laporan, kita langsung menindaklanjuti dan ditemukan lima truck coltdiesel sedang membawa balpres,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, saat ini kelima truck coltdiesel itu sudah berada di kantor KPPBC Kota Dumai, begitu juga dengan kelima supirnya masih dilakukan pemeriksaan oleh pihak KPPBC Kota Dumai. Sedangkan 200 balpres saat ini berada di gudang pabean KPP Bea Cukai Dumai.

Penyidikan dilanjutkan

KPPBC Dumai selanjutnya melakukan penyidikan menuju ke lokasi pembongkaran, saat sampai di Pelabuhan ternyata tidak ditemukan kapal, diketahui kapal telah disembunyikan.

Pencarian terus dilanjutkan, pada saat anggota KPPBC melakukan pencarian didapati kapal yang memuat balpres di sungai nerbit daerah lubug gaung kecamatan Sungai sembilan, dan langsung dibawa Dermaga kepokala.

Di kapal Petuga BC berhasil menemukan sisa dari balpres yang di bawa dengan 5 unit Coltdisel yang telah diamankan. Namun didalam kapal tidak ditemukan ABK berseta Nahkoda

Kapal bersama barang bukti sudah bawa untuk penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. Menurut catatan selama 2 Bulan ini pihak BCsudah melakukan 7 kali penegahan Balpres,bawang,berserta kapal memuat.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *