2017, Ditargetkan 5000 Pemanfaat City Gas Tersambung

city-gas-daerah-foto-beritaintrik-709PEKANBARU– Progres pemanfaat jaringan pipa City Gas di Kota Pekanbaru tampaknya masih belum signifikan. Dari 3000 form (formulir) yang disebarkan sampai kini baru sekitar 1000 form pendaftaran yang dikembalikan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut kepada wartawan Kamis (15/12) kemarin. Ia menyebutkan untuk 2017, Pekanbaru sudah dapat alokasi lebih kurang 5000 sambungan. Tetapi mungkin sejalan dengan perkembangannya, ada beberapa perubahan dari segi jumlah.

“Cuma belum ada kepastian karena masih dihitung ulang. Karena waktu kita mendata 3000 form sepertinya tidak signifikan. Kembali mungkin sekitar 1000,” kata Ingot.

Menurutnya, dari pemantauan Disperindag, kondisi itu mungkin disebabkan karena peruntukan khusus di Kecamatan Pekanbaru Kota banyak rumah kontrakan. “Penghuni rumahnya juga tidak berani. Ini menjadi persoalan kita,” sebutnya.

Solusinya, kata Ingot, Disperindag Pekanbaru sudah sebarkan juga untuk kecamatan Limapuluh yang belum tersambung. Sebagian lagi disebarkan ke Kecamatan Sail. Saat ini, kata dia sedang dalam proses untuk penyaluran dari rumah ke rumah.

Masalah lain, kata dia, ternyata dari pertagasnya sendiri tidak menganggarkan untuk penyesuaian peralatan ini. Selang dari tabung gas melon dan selang ke sambungan city gas berbeda. Nah ini yang harus disesuaikan. “Ini kan perlu biaya walau pun tidak besar sekitar Rp36 ribu termasuk materai dan ongkos pasang. Itu sudah dibicarakan kemarin di kantor lurah Tanjung Rhu,” katanya mengakhiri. (*/fr)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *