2017, Riau jadi Embarkasi Haji Antara

PEMBERANGKATAN CALON JAMAAH HAJIBATAM– Alhamdulillah, kabar baik datang dari Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat melepas CJH Dumai dan Rohul di Batam, Senin (15/8) menuju ke Madinah mengatakan pada tahun 2017 keberangkatan calon haji tidak lagi perlu menginap di Asrama Haji Batam.

Tetapi calon haji asal Riau akan menginap di asrama haji sementara di Pekanbaru kemudian selanjutnya akan diterbangkan ke Bandara Hangnadim Batam untuk pindah ke pesawat Saudi Arabia Airline. Embarkasi Antara di Pekanbaru, 2018 direncanakan menjadi embarkasi penuh untuk meningkatkan pelayanan kepada calon jemaah haji Riau.

Hal itu disampaikan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat melepas calon jemaah haji Riau yang tergabung dalam kelompok terbang Kloter 7 di Batam. “2017 Riau akan mulai mengoperasikan Embarkasi Antara di Pekanbaru, 2018 kita rencanakan menjadi Embarkasi penuh untuk meningkatkan pelayanan kepada calon jemaah haji Riau.” Kata Gubernur

Kata gubri, Menteri Agama bersama instansi terkait lainnya sudah melakukan peninjauan ke bandara Sultan Syarif Kasim II, dilanjutkan meninjau asrama haji, menteri Agama mendukung Riau punya embarkasi sendiri.
“Menteri agama bahkan sudah melihat kesiapan air port dan asrama haji yang ada di Pekanbaru. Menteri Agama mendukung Riau punya embarkasi sendiri. Selain itu petugas imigrasi dan Bea Cukai dan petugas haji lainnya menyatakan siap mendukung agar Riau punya embarkasi sendiri,”paparnya.

Untuk panjang runway 2600 meter sudah mencukupi untuk melayani pesawat berbadan lebar seperti Saudi Arabia Airline. Secara bertahap landasan akan ditebalkan hingga dinilai layak untuk. Embarkasi antara seharusnya sudah beroperasi pada tahun ini, namun karena waktunya sangat mepet kita belum siap. “Namun tahun depan mudah-mudahan embarkasi antara pekanbaru sudah bisa kita operasikan untuk melayani calon jemaah haji Riau,” Harap Gubernur

Lanjutnya, dengan dioperasikannya embarkasi antara, calon jemaah haji Riau tidak perlu menginap lagi dibatam. Dari Pekanbaru Calon Jmemaah Haji di berangkatkan ke Batam menggunakan pesawat, sampai Batam hanya tukar pesawat (transit) saja dan langsung ke Madinah, Arab Saudi.

“Untuk menjadi embarkasi full kita rencanakan pada 2018, sebab masih ada yang perlu ditambah yaitu ketebalan runway bandara. Kalau panjang runway sudah mencukupi minimal 2600 Meter. Jika ketebalannya sudah ditambah seluruh calon jemaah haji Riau akan diberangkatkan dari embarkasi Pekanbaru langsung menuju Madinah menggunakan pesawat saudi arabia air line.” Sebut Gubernur
Terakhir Gubernur mengatakan bahwa menteri Perhubungan saat ini adalah mantan Dirut Angkasa Pura, beliau sudah ke Pekanbaruj melihat kesiapan bandara kita dan membahas hal-hal berkaitan dengan persiapan Riau punya embarkasi sendiri. Mudah-mudahan rencana ini dapat terwujud. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *