32 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka

bengkalis2BENGKALIS– Sebanyak 32 siswa SLTA se Kabupaten Bengkalis, mulai Senin(18/4) hingga Jumat (22/4) mengikuti seleksi calon anggota Pasibrakatingkat Propinsi dan Nasional. Ke 32 siswa tersebut sebelumnya telah lulus seleksi di tingkat sekolah dan Kecamatan.

Ketua panitia seleksi, H Subari Lubis pada malam pembukaa seleksi,Senin (18/4) malam, bahwa 32 siswa tersebut berasal dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Bengkalis. Masing-masing kecamatan terpilih dua orang siswa putra dan dua siswa putri. Ke 32 siswa tersebut akan mengikuti seleksi selama 5 hari di kota Bengkalis. Lima orang diantaranya (3 putra, 2 putri) dipilih sebagai utusan Kabupaten Bengkalis untuk calon Paskibra tingkat Provinsi. “Di Propinsi nanti, adik-adik yang terpilih dari seleksi ini akan kembali mengikuti seleksi untuk utusan Provinsi Riau ke tingkat nasional,”
ujar Subari.

Selama lima hari mengikuti seleksi di Bengkalis, ada beberapa materi yang akan diujikan kepada para peserta. Antara lain, materi tentang parade (terkait dengan postur tubuh), kesehatan jasmani, kesamaptaan,kekuatan fisik, peraturan baris berbaris (PBB), psikotes, wawancara,pengetahuan umum, bahasa Inggris, Kesenian dan lainnya.

“Beberapa kegiatan seleksi akan kita lakukan di Lapangan Makodim serta Stadion Muhammad Ali. Sedangkan untuk materi wawancara dan lainnya kita gunakan aula Wisma Kito. Selama seleksi seluruh peserta kita tempatkan di Wisma Kito,” ujar Subai lagi.

Sementara itu Kepala Disbudparpora, H Eduar dalam arahannya mengatakan, 32 siswa yang mengkuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi/Nasional adalah orang-orang pilihan dan terbaik dari yang
baik. Bayangkan kata Eduar, dari sekian ribu siwa yang mengkuti seleksi di tingkat Kecamatan, hanya 32 orang siswa yang dipilih (lolos).

“Kalian adalah yang terbaik dari yang lainnya, karena kalian telah lulus seleksi dari sekian ribu siswa yang mengikuti di masing-masing Kecamatan. Buktikan kalau kalian memang yang terbaik, kalian memang memiliki potensi untuk menjadi yang terbaik,” ujar Eduar lagi.

Dalam kesempatan tersebut Eduar juga mengatakan, bahwa ke 32 peserta tersebut murni lulus seleksi di Kecamatan. Kehadiran para peserta untuk mengikuti seleksi bukan berdasarkan rekomendasi dan tetek bengek lainnya.

“Begitupun saat seleksi untuk Paskibraka tingkat Provinsi/Nasional utusan Kabupaten Bengkalis sekarang ini, saya ingin semuanya berlangsung secara fair. Tidak ada ketebelece itu dan ini, anak pejabat ini atau itu, rekomendasi si anu dan lainnya. Kalaupun ada anak saya yang ikut, saya juga ingin dia mengikuti semua ketentuan yang berlaku,” sebut Eduar lagi. (*/FR)

 

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *