5 Milyar Dana APBN Sentuh Kawasan Kumuh Rimba Sekampung

DUMAI– Setelah Kelurahan Laksamana tidak lagi menjadi Kawasan Kumuh, Pemerintah Kota Dumai kembali berhasil merebut anggaran APBN sebesar 5 Milyar melalui program nasional Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk peningkatan kawan kumuh di Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota.

Pembangunan peningkatan kawasan kumuh di Kelurahan Rimba Sekampung ini, direcanakan akan menitik beratkan pada empat item pembangunan yaitu Jalan lingkungan, Drainase, Taman dan Penerangan Lampu Jalan diwilayah tersebut.

“Untuk tahun 2017, kita berhasil mendapat kuncuran dana sebesar Rp 5 M dari APBN untuk peningkatan kawasan kota kumuh di Kelurahan Rimba Sekampung,” Faried, Kabid Kawasan dan Pemukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Dumai, Selasa (31/1).

Menurutnya, pembangunan peningkatan kawasan kumuh yang menggunakan APBN itu mempunyai dua kategori yaitu pencegahan dan peningkatan, dimana pencegahan menggunakan 3 sumber dana APBN, APBD Provinsi dan APBD Kota.

“Sementara kategori peningkatan berasal dari sumber APBN saja, seperti peningkatan kawasan kumuh di Kelurahan Laksamana dan Rimba Sekampung nantinya,” tuturnya.

Dalam kategori peningkatan lanjut Farid menjelaskan, terdapat empat item peningkatan kawasan kumuh, Jalan lingkungan, Drainase, Taman dan Penerangan Lampu Jalan yang akan dibangun dipemukiman warga nantinya.

Namun demikian tambahnya, dengan dibentuknya Kawasan Tanpa Kumuh di Kota Dumai diharapkan menjaga dan mengubah pola hidup dilingkungannya.

“Warga yang daerahnya mendapatkan program peningkatan kawasan kumuh, agar merubah pola hidup dan mengikuti perubahan yang telah dibentuk serta menjaga agar lingkungannya tidak kembali kumuh seperti tahun-tahun sebelumnya,” himbaunya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *