ADA UNSUR KESENGAJAAN Lahan Sungai Dumai Terbakar

28-ft rahmad FOTO BERITA RHMD 3(Padamkan Api Kodim Dumai)DUMAI-– Kebakaran lahan dan hutan (karlahut) kembali terjadi di kawasan Sungai Dumai, Kelurahan Bukit Batrem, Dumai Timur yang hampir setiap tahun terbakar. Diduga kebakaran tersebut terjadi karena kesengajaan, Senin (28/3) sekira pukul 09.00 WIB.Kebakaran hebat tersebut menghanguskan seluruh lahan hutan yang mengering dan berlahan kambut serta mengeluarkan asap tebal sehingga Jalan Soekarno Hatta (Soeta) satu jalur ditutup untuk umum.

Kondisi itu, cepat diketahui oleh petugas Kodim 0320 Dumai, dimana langsung terjun ke lapangan untuk berupaya memadamkan api. Terlihat Kasdim 0320 Dumai Mayor Arh Sudiono bersama Pasilog Kodim 0320 Dumai Situmeang,dan Babinsa Koramil Dumai Kota dan Personil Kodim 0320 Dumai.

Kasdim 0320 Dumai, Mayor Arh Sudiono melakukan koordinasi dengan Tim Terpadu Karlahut Kota Dumai dan pihak Chevron dimana langsung dalam beberapa waktu terjun mobil pemadam kebakaran milik Chevron Dumai, Damkar Pemerintah Kota Dumai dan BNPB Kota Dumai dan personil kepolisian dalam mengatasi kebakaran. Lain itu terlihat adanya alat berat yang turun untuk melokalisir lokasi kebakaran.

Dalam pemadaman di lokasi kebakaran hutan di area sungai Dumai ini terlihat diduga adanya unsur kesengajaan dibakar,dan hal ini perlunya aparat hukum lakukan penyelidikan maksimal hingga mampu menangkap pelaku pembakaran.Kebakaran hutan di area sungai Dumai langsung dilakukan proses pemadaman oleh tim pemadaman karlahut dari berbagai unsur dan terlihat kepala BPBD Dumai Tengku Izmet membatu proses pemadaman. Petugas bertungkus lumus melakukan pemadaman untuk menciptakan dumai zero kabut asap. Hingga berita ini diturunkan kebakaran di Sungai Dumai sudah dapat teratasi.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *