AGEN BNI 46 “ Kini Semua Bisa Menabung Lebih Mudah, Lebih Cepat, Lebih Dekat”

bni21DUMAI– Aktivitas perbankan seperti menabung, kredit dan lainnya kini tidak perlu lagi dikeluhkan oleh warga pelosok desa yang jauh dari perkotaan karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaunching layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif, yang disingkat dengan ‘Laku Pandai’.

Program Laku Pandai yang memiliki sasaran utama masyarakat kecil dipedesaan yang mana memiliki tiga produk unggulan, yakni Tabungan, kredit mikro dan asuransi mikro. Kabar baiknya, untuk pembukaan rekening tabungan, masyarakat tidak dikenakan biaya administrasi alias gratis, namun tetap mendapatkan bunga.

Masing-masing Bank penyelenggara wajib memiliki Agen untuk bisa membantu masyarakat disekitar lingkungan dalam melakukan transaksi perbankan tanpa perlu kekantor. BNI Cabang Dumai dalam hal ini telah menjalankan program Laku Pandai sejak akhir oktober 2015 yang telah memiliki Agen dan dinamakan sebagai Agen BNI46. Agen tersebut telah tersebar di beberapa titik area Dumai dan Bagansiapiapi.

Rahmayanti , pemimpin BNI Cabang Dumai menyampaikan bahwa, salah satu tujuan dari Laku Pandai adalah memberikan layanan keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan membuat aktivitas menabung lebih cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum terjangkau layanan keuangan.

Agen BNI 46 adalah pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan BNI untuk menjadi kepanjangan tangan BNI dalam menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat, berupa pembukaan rekening Tabungan BNI Pandai, setoran tunai dan penarikan tunai.
Keuntungan menjadi Agen BNI 46.
Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi Agen BNI46 antara lain:
1. Pendapatan dari setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah.
2. Persyaratan mudah.
3. Kemudahan pelayanan transaksi menggunakan Aplikasi transaksi BNI, Website dan BNI SMS Banking.

Persyaratan untuk menjadi Agen BNI 46
Syarat agar terdaftar untuk menjadi Agen BNI46 dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Warga Negara Indonesia.
2. Berdomisili sesuai dengan lokai tempat penyelenggara Laku Pandai.
3. Telah memiliki rekening tabungan perorangan.
4. Memiliki nomor handphone dan alamat email yang masih aktif.
5. Memiliki reputasi yang baik di lingkungan masyarakat setempat.
6. Melengkapi dokumen persyaratan sebagai berikut :
a. Fotokopi KTP/SIM/Paspor
b. Pas foto terbaru uk. 3×4 atau 4×6
c. Fotokopi NPWP (Jika ada).
d. Fotokopi surat ijin usaha / surat keterangan kelurahan/desa setempat.
e. Surat rekomendasi dari kelurahan/desa setempat.
f. Fotokopi buku rekening BNI.
g. Surat pernyataan penghasilan agen.
7. Memiliki Komputer/Laptop dengan jaringan internet.

Agen terbuka bagi siapa saja, asalkan agen tersebut telah menjadi nasabah BNI. Individual bisa, pensiunan polisi bisa, warung kecil, toko kecil bisa, penjual pulsa bisa, sampai bidan bisa jadi agen. Menjadi agen Laku Pandai bisa dijadikan penghasilan tambahan, penghasilan dari setiap fee setoran dan penarikan uang. Masyarakat juga menjadi pihak yang di untungkan karna tidak perlu jauh-jauh kekota untuk melakukan transaksi perbankan.
Jasa perbankan yang dapat dilayani oleh Agen BNI pada tahap awal adalah pembukaan rekening, setor tunai, dan tarik tunai tabungan BNI Pandai yang didukung oleh jaringan real time online untuk mempermudah akses bagi masyarakat.

BNI menyiapkan perlengkapan teknologi berupa Electronic Data Capture (EDC) Mini ATM yang ditempatkan di agen untuk setor tunai, tarik tunai, cek saldo, pembelian pulsa dan transfer antar rekening BNI. Selain EDC Mini ATM, BNI juga menyiapkan sarana web base untuk pembukaan rekening, setor tunai, dan tarik tunai.

Nasabah juga disediakan Buku Tabungan untuk melengkapi kebutuhan transaksi nasabah. “Keunggulan sistem yang dikembangkan BNI di Laku Pandai ini adalah adanya pilihan menggunakan web-base dan EDC Mini ATM sebagai media transaksi bagi Agen,”
Ke depannya, BNI akan mengembangkan produk untuk layanan Laku Pandai, seperti kredit atau pembiayaan untuk nasabah mikro, asuransi mikro, serta produk keuangan lainnya berdasarkan persetujuan OJK. (rls/*FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *