Akhir Desember, Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Rampung

1-Pembangunan kantor dan lapngan parkir pelabuhan penyeberangan Dumai yang dikerjakan PT Riau Makmur saat ini dalam pengerjaan, dan ditargetkan akhir Desember sudah rampung(Foto Aru)2DUMAI –Pelaksanaan pembangunan dan peningkatan fasilitas Pelabuhan Penyeberangan Dumai di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat tersisa sebulan lagi . Berbagai infrastruktur pendukung saat ini khususnya untuk bangunan kantor terus dikejar pembangunannya termasuk lapangan parkir .  Pembangunan gedung yang terletak di kawasan dermaga penyeberangan kapal RoRo di Dumai tersebut kini telah mencapai 85 persen.

Ditargetkan rampung pada akhir Desember ini. Informasi yang diterima dari Pelaksana Lapangan PT Riau Makmur, Andi Azman mengatakan pekerjaan gedung dimaksud sudah mencapai 85 persen.

“Pekerjaan pembangunan gedung sudah sampai tahap 85 persen. termasuk pembangunan lapangan parkir dan pagar, sehingga sudah dipastikan akhir Desember tahun ini pembangunannya sudah rampung,” kata Andi Azman , Senin (30/11) kemarin.

Masih menurut Andi Azman yang juga putra kelahiran Kota Dumai 27 tahun silam ini , pekerjaan pembangunan ditargetkan usai pada akhir Desember, karena saat ini tersisa pembangunan tempat parkir serta pengaspalan jalan. “Targetnya akhir Desember sudah harus selesai dan Insya Allah, lansung bisa difungsikan,”ungkap Andi Azman yang juga menjabat Timbalan (Wakil Ketua) Laskar Melayu Bersatu (LMB) Kota Dumai itu.

Ia juga mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti yang dialami pihaknya dalam mengerjakan pembangunan fasilitas untuk pelabuhan penyeberangan tersebut. Meskipun diakuinya lokasi tersebut merupkan jalur sibuk lantaran areal tersebut merupakan pintu gerbang keluar masuknya arus penumpang kapal RoRo yang melayani pelayaran Dumai tujuan Pulau Rupat, sehingga dalam melaksakan pembangunan jalan dan lapangan parkir pihaknya terpaksa harus melakukan sistem buka-tutup, sehingga dengan begitu lalu lintas penumpang RoRo tetap berjalan lancar .

Terkait para pekerja proyek, Andi Azman mengaku pihaknya merekrut tenaga kerja lokal yang berasal dari sekitar Kelurahan Purnama dan Pangkalan Sesai, dalam penyelesaian pembangunan fasilitas pelabuhan penyeberngan tersebut  ”Kami memanfaatkan 100 persen tenaga kerja dari wilayah Dumai Barat, seperti dari Purnama dan Pangkalan Sesai melalui sistem kemitraan dan perekrutan tenaga lokal,” katanya.

Dia mengaku, dari puluhan orang tenaga kerja yang direkrut, mulai dari perusahaan pemenang tender, kepala tukang, pihak keamanan hingga ke lenaga liber semuanya berasal dari anak Dumai.  “Itu menunjukkan kita warga Dumai ini memiliki kompetensi (kemampuan) tidak kalah dengan orang-orang pusat,” ujarnya.

Dia menambahkan, kehadiran tenaga kerja dari lokal itu sekaligus juga menunjukkan pembangunan pelabuhan penyeberangan tersebut memang memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi wilayah dan memberi dampak lanjutan (multiplier effect) dengan menciptakan lapangan pekerjaan.  Sebagaimana diketahui, peningkatan/pembangunan kantor dan lapangan parkir di pelabuhan penyeberangan ini dilakukan dengan menggunakan anggaran APBN tahun 2015 dengan nilai Rp.8.234.330000 (delapan miliar dua ratus tigapuluh empat juta tigaratus tigapuluh ribu rupiah), dengan kontraktor pelaksana PT Riau Makmur.   Semua fasilitas tersebut sangat diperlukan guna mendukung pengeperasian aktifitas pelayaran antar pulau dari Dumai baik yang menggunakan kapal roro, maupun kapal ferri. (FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *