Alamak! Disperindag Riau Tak Punya Data Barang Impor

41ekspor4PEKANBARU – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau sepertinya hanya “duduk manis” dan menunggu laporan dari pihak swasta terhadap jumlah barang impor yang akan masuk di 2016 ini.

Minimnya personel dijadikan “biang” tidak turunnya Disperindag Riau ke lapangan. Sementara sejauh ini, pihak perusahaan pengimpor barang juga tidak melakukan laporan secara rutin.

Kadisperindag Riau, Firdaus, mengatakan, kondisi ini yang membuat tidak terdatanya secara jelas dan rinci berapa barang impor yang masuk ke Provinsi Riau setiap tahunnya.

“Selama ini memang belum terdata. Karena kita kekurangan personil, jadi kita menunggu laporan dari pengusaha pengimpor barang saja,” kata Firdaus, Rabu (6/1/2016).

Disperindag Riau belum bisa “jemput bola” untuk mengetahui berapa total sebenarnya barang yang diimpor untuk memenuhi kebutuhan pasar di Riau.

“Masalahnya itu di sana. Jadi, memang belum ada laporan dari perusahaan-perusahaan berapa jumlah impor barang mereka itu,” ulangnya.

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun ini, lanjut Firdaus, pihaknya akan fokus melakukan pendataan terhadap barang-barang impor. Sehingga akan diketahui volume dan peningkatan impor di Provinsi Riau.  (hlc/*FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *