Anak Dapat Vaksin Palsu, Ini Prosedur Tindak Lanjut Menurut Kemenkes

vaksinasiJAKARTA–Dalam siaran persnya (21/7), Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, menyampaikan Prosedur Tindak Lanjut Bagi Anak yang Mendapatkan Vaksin Palsu.
Mengenai Verifikasi data anak, Satgas Penanggulangan Vaksin Palsu melakukan pendataan anak yang diduga mendapatkan vaksin palsu dan melakukan verifikasi, diantaranya mencakup nama, usia, alamat, riwayat imunisasi, nama orangtua, dan nomor kontak.

Berdasarkan hasil verifikasi, Satgas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat menghubungi orangtua/keluarga anak untuk menginformasikan tempat dan waktu anak akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan imunisasi wajib yang harus diulang.

Dalam hal orangtua/keluarga ingin mendapatkan informasi atau menyampaikan pengaduan, orangtua/keluarga anak yang mendapatkan imunisasi di 14 Rumah Sakit dan 8 Klinik/bidan yang telah diumumkan Pemerintah, dapat mendatangi Posko Pengaduan Imunisasi. Di wilayah DKI Jakarta, posko pengaduan ada di setiap Puskesmas. Posko pengaduan vaksin palsu di Bekasi berada di 44 Puskesmas dan Tangerang di Puskesmas Ciledug.

Di posko pengaduan vaksin palsu, petugas posko pengaduan melakukan pencatatan data anak. Kemudian, kecamatan akan mengirimkan data anak ke Satgas Penanggulangan Vaksin Palsu melalui Subdin/Dinas Kesehatan. Selanjutnya, satgas melakukan verifikasi data.

Berdasarkan data yang telah terverifikasi, Satgas bekerjasama Dinas Kesehatan setempat menghubungi orangtua atau keluarga anak untuk menginformasikan tempat dan waktu, anak akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan imunisasi wajib yang harus diulang.

Orangtua atau keluarga anak yang mendapatkan imunisasi di 14 Rumah Sakit dan 8 Klinik/bidan yang telah diumumkan Pemerintah juga dapat menghubungi Crisis Center Halo Kemenkes 1500567 untuk mendapatkan informasi data anak yang telah terverifikasi atau menyampaikan pengaduan anak yang terduga mendapatkan vaksin palsu.  (ipc/net)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *