Antisipasi Covid-19, Pelabuhan BSSR Selatbaru Ditutup Sementara

Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selatbaru, Pulau Bengkalis.

FULLRIAU.COM, Bengkalis — Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perhubungan menutup sementara pelabuhan internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selatbaru. Penutupan sementara ini mulai berlaku Sabtu (21/3) sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran penularan virus corona atau covid-19.



Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Zulasri kepada wartawan, Jumat malam (20/3). “Kita sudah mengirimkan surat pemberitahuan penutupan sementara ini ke pihak-pihak terkait seperti Imigrasi, Bea Cukai, Syahbandar, Pengusaha Pelayaran, dan lain-lain,” ujar Zulasri.



Diakui, dengan penutupan tersebut ada WNI khususnya warga Bengkalis yang tidak bisa pulang ke  Indonesia. Namun, pihaknya tidak punya pilihan lain apalagi beberapa hari sebelumnya sudah ratusan warga yang pulang dari Muar menuju Bengkalis. “Hari Rabu (18/3) kemarin itu saja informasi ada sampai 800 orang, belum lagi hari ini entah berapa pula. Kalau semakin banyak yang masuk lewat Bengkalis, nanti dikhuatirkan akan semakin sulit  tim gugus pencegahan corona melakukan pemantauan,” papar Zulasri.



Terpisa, salah seorang pengusaha pelayaran, Fadilah saat dihubungi membenarkan tentang adanya surat pemberitahuan penutupan sementara pelabuhan BSSR Selatbaru. “Ya, suratnya sudah kita terima dan kita ikut mana baiknya sajalah,” ujar Fadilah yang juga Direktur PT Jasa Sarana  Citra Bestari.



Dikatakan, sejak keluarnya lockdown dari Kerajaan Malaysia, pihaknya yang mengoperasikan kapal MV. Mulia Kencana sudah dua kali membawa penumpang dari Muar  ke Bengkalis, yaitu pada hari Rabu (18/3) dan Jumat (20/3/2020).

“Kalau pada hari Rabu ada sekitar 229 penumpang, tapi hari ini menyusut hanya sekitar 80 orang. Tak taulah kita apakah masih ada orang Bengkalis di Muar yang  ingin pulang. Kalaupun ada mungkin bisa melalui jalur lain,” kata Fadilah (Rls/FR))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *