Atlet Asal Bengkalis Raih 43 Medali di Porwil IX Sumatera

syaukaniBENGKALIS(FULLRIAU.COM)– Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX se-Sumatera di Provinsi Bangka Belitung memberikan catatan tersendiri bagi para atlet asal Kabupaten Bengkalis. Bagaimana tidak, dari total 31 atlet asal Kabupaten Bengkalis yang mewakili Provinsi Riau pada tidak kurang 43 medali berhasil diraih atlet dari Negeri Junjungan,. Ke 43 medali tersebut terdiri dari 19 medali emas, 20 perak dan 4 perunggu dari 6 cabang olahraga.

Informasi terakhir yang berhasil dirangkum pada Minggu (22/11), Porwil IX Sumatera yang resmi berakhir pada tanggal 21 November, Provinsi Riau sendiri keluar sebagai juara umum Porwil IX se-Sumatera dengan perolehan medali 38 emas, 32 perak dan 21 perunggu. Dari rincian perolehan medali secara keseluruhan, untuk medali emas yang diraih kontingen Riau 38 emas, 19 atau setengahnya diraih atlit Bengkalis, sedang medali perak atlit Bengkalis juga pengumpul medali terbanyak yaitu 20 medali perak dari 32 yang diraih Riau.

Dari 43 medali yang diraih atlit Bengkalis tersebut, berasal dari sepaktakraw 1 medali emas, cabang renang 5 emas 3 perak dan 2 perunggu. Kemudian atletik menyabet 2 emas, 7 perak dan 1 perunggu, pada cabor silat 1 emas dan 1 perak, catur 6 emas dan 3 perak serta panjat tebing 4 emas 6 perak dan 1 perunggu. Dari 31 atlit Bengkalis yang berlaga di Porwil dengan mengikutsertakan di delapan cabang olahraga hanya pada cabor bulutangkis dan sepakbola atlit asal Bengkalis yang gagal.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bengkalis, Henri Eduardi saat dihubungi mengakui kalau atlit asal Bengkalis mampu meraih 4 emas 6 perak dan 1 perunggu. Para atlit yang meraih medali tersebut adalah Dani Saputra 1 perak, Ezi Ramadhan 1 emas, M.Syahrur Rozi 2 emas, M.Aznil Rizky 1 emas dan 1 perak, Khairani Aslamiah 2 perak dan 1 perunggu serta Novi Jumidar 2 perak.

Sementara itu untuk sepaktakraw 5 atlit Bengkalis yaitu Asmira, Sutini, Mala Endah Sari, Nofriyanti dan Nurhidayah menyabet 1 emas untuk nomor tim. Dari cabor pencak silat medali diraih Yudha Mahendri 1 emas dan Nofrizon Chandra meraih perak. Untuk cabor catur, atlit yang juga master nasional (MN) Jonroy menyabet 4 medali emas dan 1 perak serta grand master (GM) H Hardiansyah mendapat 2 emas dan 2 perak.

Dari cabor atletik, pelatih atletik Bengkalis Adlin menyebutkan atlit yang meraih medali adalah Taufik Nurahman 1 emas, Sulastri 1 emas, Junaidi 1 perak, Hidayat 1 perak, Hirzan Ramadhan 1 perak, Mantari 2 perak dan M.Saputra 2 perak dan 1 perunggu. Untuk cabor renang 3 atlit renang Bengkalis mampu mengharumkan nama Riau di Bangka Belitung, yaitu Abdul Hadi dengan raihan 3 emas 2 perak dan 1 perunggu, Garcia Sangapta 1 perak dan 1 perunggu dan Ayu Zulpeni dengan 2 emas.

Ketua KONI kabupaten Bengkalis Syaukani Alkarim yang dikonfirmasi atas keberhasilan atlit asal Bengkalis yang mewakili Riau tersebut mengaku sangat bersyukur atas capaian prestasi yang diraih pada Porwil IX Sumatera di Babel. Hal tersebut menurutnya menunjukkan adanya kemajuan pesat yang diraih atlit asal Bengkalis, walau pada dua cabor yaitu bulutangkis dan sepakbola belum mendapat prestasi.

“Alhamdulillah, prestasi yang diraih atlit asal Bengkalis di Porwil Sumatera sangat memuaskan kita. Karena dari 38 medali emas yang diraih Riau, 19 emas disabet atlit Bengkalis, juga di medali perak dari 32 medali perak yang didapat Riau, 20 medali atas nama atlit Bengkalis. Harapan kita prestasi yang diraih di Babel harus dipertahankan pada PON 2016 di Jawa Barat tahun depan,”ungkap Syaukani.

Adapun 1 atlit Bengkalis yang turun pada cabor bulutangkis atas nama Fajri Maulana gagal meraih medali dan juga gagal lolos ke PON. Demikian juga halnya dengan cabor sepakbola, dimana terdapat dua atlit asal Bengkalis yaitu Ario Putra dan Muhammad Halif gagal meloloskan Riau ke PON tahun depan. (fr2)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *