Banjir Basilam Baru Capai 80 Cm, BPBD Serahkan Bantuan

3-Kepala BPBD Kota Dumai Tengku Izmet bersalaman sama beberapa RT dan Lurah Basilam.BASILAM BARU – Akibat hujan lebat yang menguyur Kota Dumai dua hari lalu, membuat daerah di Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan, digenangi banjir yang cukup dalam, setidaknya air yang mengenangi areal tersebut mencapai 80 Centimeter.

Adapun daerah yang dirasakan cukup parah digenangi air antaranya di RT 13 dan RT 18, dimana tingkat ketinggian air mencapai dari 50 hingga 80 Centimeter. Sedangkan dibeberapa RT seperti RT 8 RT 9 dan RT 14, kondisinya tidak begitu dalam. Namun rumah warga dan jalan tetap digenangi oleh air.

”Parah pak, kondisi air mencapai sebetis kita dan sepaha kita, dan akses jalan menuju ke RT 13 sama sekali tidak bisa dilewati mengunakankenderaan roda dua maupun kenderaan roda empat, mengingat jalannya putus tidak bisa dilewati,” ujar Ketua RT 13, Surip pada wartawan, Kamis (3/12) kemarin.

Adapun beberapa lokasi yang dirasakan parah digenangi air antaranya di Simpang Aleng, di Jalan Pendidikan dan di daerah Sungai Alam, dimana didaerah itu sama sekali mengalami tidak bisa dilintasi oleh kenderaan.

Sementara Lurah Basilam Baru Sayful Nasir SSos, kepada wartawan mengatakan, memang ada beberapa wilayah di daerahnya mengalami musibah banjir.”Dari 22 RT yang ada di Basilam Baru memang yang dirasakan parah itu di RT 13 dan RT 18. Namun hingga saat ini masih belum ada warga yang mengungsi, dan warga masih bertahan di rumahnya masing-masing. Karena hingga kemarin kondisi banjir terus mengecil,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai, setelah mengetahui adanya terjadi bencana banjir didaerah Basilam Baru, langsung tanggap dan langsung menyalurkan bantuan ke beberapa RT yang terkena musibah banjir.Menurut Tengku Izmet, bantuan yang diberikan itu antaranya paket makanan tambahan gizi, Paket lauk pauk, paket sandang pangan dan kids ware, serta beberapa bantuan lainnya.

3-rumah warga di Basilam Baru tergenang air akibat hujan lebat, setidaknya air mencapai 50 hingga 80 Centimeter.Bantuan dari BPBD ini langsung diserahkan kepada Lurah Basilam Baru yang disaksikan langsung oleh beberapa RT antaranya RT 9, RT 14 dan RT 13. Dimana bantuan tersebut dilakukan secara simbolis di Kantor Lurah Basilam, dan akan langsung dibawa oleh RT masing-masing.

Disela kegiatan Tengku Izmet menyampaikan, bahwa memang ada beberapa daerah yang dirasakan parah, dan ketinggian air mencapai 50-80 Centimeter. Dimana hal ini salah satu penyebabnya selain curah hujan yang begitu tinggi, ditambah dengan beberapa titik drainase dan kanal yang tidak berfungsi.”Alhamdulillah dari PT Suntra Gaja Pati akan memberikan bantuan, semoga akan bisa membantu,” ujar Izmet

Menurut Izmet, bantuan ini memang dirasakan masih kurang, namun setidaknya dapat mengurangi beban dari masyarakat yang mengalami musibah banjir.”Setidaknya ada 240 KK yang mengalami musibah banjir, dan ada lima titik akses jalan yang putus dan tidak bisa ditempuh  dengan kenderaan. Itu sesuai data yang kita terima dari anggota kita dilapangan,” ujar Izmet, yang didampingi beberapa anggota BPDB ketika menyerahkan bantuan.

Namun ujar Izmet, hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi, jikapun ada paling ke tempat famili terdekat dan tetangga terdekat.

Sementara itu, Humas PT SGP Ikhsan, dari jaringan selulernya kepada Dumai Pos mengatakan, dari SGP akan membantu terjadinya musibah banjir.”Kita dari SGP akan menurunkan alat berat kita untuk membersihkan kanal dan drainase yang ada dibeberapa lokasi musibah banjir. Semoga bantuan kita ini dapat mengurangi banjir di daerah tersebut,” ujar Ikhsan.

Menurut Ikhsan, jika memang akan terjadi kondisi yang lebih bahaya lagi, maka SGP akan siap membantu dan menurunkan alat berat lebih banyak lagi.”Saat ini kita akan menurunkan satu alat berat kita, dan akan kita arahkan kelokasi banjir,” jelasnya lagi.(FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *