Barcelona vs Atletico: Duel Best of the Best di Camp Nou

Luis Suarez of FC Barcelona appears to kick out at Juanfran of Atletico Madrid after a challenge during the UEFA Champions League Quarter Final First Leg match between FC Barcelona and Atletico Madrid played at The Camp Nou, Barcelona on April 5th 2016
Luis Suarez of FC Barcelona appears to kick out at Juanfran of Atletico Madrid after a challenge during the UEFA Champions League Quarter Final First Leg match between FC Barcelona and Atletico Madrid played at The Camp Nou, Barcelona on April 5th 2016

JORNADA (pekan pertandingan) kelima La Liga musim ini akan menyajikan satu clash berkala besar di Katalan – homebase Barcelona. Sang juara bertahan La Liga akan ditantang salah satu penantang gelar Atlético Madrid.

Pada Kamis 22 September dini hari WIB mendatang, Los Cules (julukan Barcelona) sudah harus menjamu Atlético di kandang sendiri Camp Nou, di mana dua tim ini menyandang predikat best of the best (yang terbaik dari yang terbaik) dalam dua aspek – ofensif dan defensif.

Sejauh ini kendati belum juga menyalip Real Madrid di puncak klasemen liga, setidaknya Barcelona terus menabalkan dirinya sebagai tim tersubur, tim terbaik dalam hal merobek gawang lawan. Sementara Los Rojiblancos (sebutan Atlético), acap jadi tim terbaik dalam hal pertahanan.

So far, Barca sudah mengoleksi 13 gol – terbanyak dari 20 kontestan La Liga 2016/17. Sementara Atlético hingga pekan keempat baru kebobolan sebiji gol. Predikat best of the best ini juga mereka klaim di akhir musim lalu.

Barca punya 112 gol, sementara Atlético hanya kemasukan 18 gol. Bahkan portero (kiper) Atlético Jan Oblak, didaulat jadi garda gawang terbaik La Liga musim lalu dengan rata-rata kebobolan paling sedikit, yakni 0,47 gol per pertandingan.

Adapun pencetak gol terbanyak musim lalu juga ada di Barca, siapa lagi kalau bukan Luis Suárez dengan 40 butir gol. Oleh karenanya, laga ini akan jadi sajian terseru La Liga di pekan ini untuk melihat kubu mana yang menang – tim dengan ofensif terbaik atau sang tamu dengan defensif terbaik.

Soal kondisi tim, entrenador (pelatih) Barca Luis Enrique bisa lebih mudah meracik strategi. Pasalnya, baru kali ini pula Barca akan tampil full team setelah beberapa laga sebelumnya, masih harus bongkar-pasang di beberapa posisi karena berbagai bentuk halangan.

Seperti Sergio Busquets dan Andrés Iniesta yang sudah bisa comeback ke skuad utama, setelah sebelumnya di partai Liga Champions kontra Glasgow Celtic dan CD Leganés, peran keduanya digantikan Javier Mascherano dan André Gomes.

Yang masih meragukan adalah pilihan di bawah mistar. Ada kemungkinan Luis Enrique ingin menjajal dan mempercayakannya pada kiper baru Jasper Cillessen. Namun di sisi lain demi menghindari kekalahan mengejutkan dari Deportivo Alavés pada 11 September lalu, Marc-André ter Stegen bisa jadi opsi terbaik.

Sedangkan di kubu tim tamu, entrenador Diego Simeone bakal kehilangan salah satu mediocampista (gelandang) berpengalaman, Tiago Mendes. Pemain berpaspor Portugal itu menderita hamstring dan takkan bisa dibawa ke Camp Nou.

Sementara opsi lini depan Simeone yang terbilang berpengalaman, akan terbatas pada Antoine Griezmann, Kevin Gameiro atau Fernando Torres. Pasalnya Alessio Cerci masih dibekap cedera lutut.

Soal prediksi, beberapa pihak terbelah antara menyebut laga ini akan berakhir imbang, sementara yang lainnya menilai Barca akan menang tipis. Faktornya, Barca masih punya catatan superior, di mana Raksasa Katalan ini menang 26 kali di 52 pertemuan terakhir dengan Los Colchoneros (julukan lain) Atlético.

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-André ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Piqué, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Andrés Iniesta; Lionel Messi, Luis Suárez, Neymar da Silva.

Atlético Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Filipe Luis, Diego Godín, Stefan Savic, Juanfran Torres; Gabi Fernández, Koke Merodio, Saúl Ñíguez, Yannick Carrasco; Antoine Griezmann, Kevin Gameiro.

Lima Pertemuan Terakhir

Liga Champions (14/4/2016): Atlético Madrid 2-0 Barcelona

Liga Champions (6/4/2016): Barcelona 2-1 Atlético Madrid

La Liga (30/1/2016): Barcelona 2-1 Atlético Madrid

La Liga (13/9/2015): Atlético Madrid 1-2 Barcelona

La Liga (18/5/2015): Atlético 0-1 Barcelona

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *