Bazar Sungai Bengkel; Tampilkan Atraksi Joget Bontek dari Suku Asli

Joget_lambak2BENGKALIS – Dewan Pimpinan Daerah-Laskar Melayu Bersatu (DPD-LMB) Kab. Bengkalis, berupaya mengangkat berbagai kesenian tersebut, agar tetap lestari sampai turun-temurun. ‎Berbagai kesenian kerakyatan yang ada di Provinsi Riau yang identik dengan budaya Melayu dan golongan suku asli, kini sudah mulai punah di makan zaman.
‎Demikian yang disampaikan Datuk Panglima Muda DPD-LMB Kab. Bengkalis, Herman Achmad yang didampingi Dewan Penasehat DPD LMB, H Dadang, bahwa pihaknya akan menampilkan tarian ‎Joget Bontek, yang merupakan program lintas budaya.

Apa itu Joget Bontek, menurut Kabag Umum Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bengkalis ini menjelaskan, bahwa sebuah kesenian dari suku Asli dari asal Tanjung Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Dulunya tarian suku asli dari Tanjung Padang ini, sangat disukai oleh orang-orang pesisir, yang merupakan kalangan dari para nelayan, “ungkap Herman, Senin (05/09/16).

‎Oleh karena itu, lanjut pria ini, bersamaan masih berlangsungnya kegiatan Bazar LMB Bengkalis di Sai. Bengkel itu, ‎nanti malam, Senin (05/09/16) sekitar pukul 20.00 WIB, akan menampilkan kesenian kerakyatan orang suku asli tersebut, dilokasi Bazar Sai. Bengkalis.

joget“Sedangkan musik untuk mengiringi tarian joget bontek, dengan alat musik seperti Gendang, Hong, Biola dan lainnya, “tambahnya menjelaskan.

‎Terkait hal ini, Dia mengaku bersamaan dengan memanfaatkan keramaian dilokasi Bazar LMB Bengkalis, diharapkan masyarakat dapat menyaksikan langsung atraksi joget bontek yang dibawakan orang asli tersebut.

“Artinya, biarlah masyarakat tidak hanya dengar-dengar saja, soal kesenian orang asli tarian joget bontek, tapi bisa melihat langsung dari keunikan atraksi joget yang diperagakan oleh orang asli tersebut, “terang Herman lagi. (RI)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *