Bekas Tambang Menjelma Jadi Taman Rekreasi `Perut Bumi`

664xauto-bekas-tambang-menjelma-jadi-taman-rekreasi-perut-bumi-151202hTAMAN rekreasi biasanya dibangun di daratan dan membutuhkan lahan yang sangat luas. Hal ini diperlukan untuk menampung sejumlah wahana wisata yang kebanyakan membutuhkan ruang besar.

Tapi Rumania berhasil membuat terobosan baru, yakni sebuah taman rekreasi yang dibangun di perut bumi. Taman rekreasi bawah tanah itu mereka namai Salina Turda.

Berbeda dari taman rekreasi kebanyakan, suasana di dalam Salina Turda sangat fantastis. Dilansir dari situs resmi Salina Turda, lokasi tempat dibangunnya taman rekreasi bawah tanah ini merupakan lahan bekas tambang garam.

Tambang tersebut telah beroperasi sejak zaman pertengahan hingga akhirnya berhenti pada tahun 1932.

Penyebabnya bukan karena tempat ini tidak produktif lagi menghasilkan garam. tapi karena pada tahun itu sedang terjadi Perang Dunia II. Dan tambang ini digunakan sebagai tempat persembunyian.

Sejak tahun 1992 gua bekas tambang ini disulap menjadi semacam taman rekreasi, yang dilengkapi dengan berbagai pilihan wahana bermain dan hiburan.

Salah satu wahana andalan Salina Turda adalah bianglala setinggi 20 meter, yang mereka sebut dengan nama Big Wheel. Bianglala atau kincir di dalam tanah ini memiliki 6 kabin yang masing-masing muat diisi oleh 8 orang.

Selain bianglala yang membawa traveler melihat pemandangan gua tambang raksasa dari ketinggian, taman ini juga memiliki wahana lain. Misalnya saja lapangan golf mini, arena bowling, biliar, amfiteater, museum hingga danau buatan.

Khusus danau buatan disediakan pula fasilitas pendukungnya yaitu perahu yang akan membawa traveler berkeliling.

Masuk ke dalam gua raksasa ini akan membuat Anda lupa jika sedang berada di perut bumi sebab suasananya yang megah tidak ubahnya seperti taman rekreasi yang berada di permukaan bumi.

Untuk mencoba semua wahana yang tersedia di Salina Turda, setiap traveler harus membayar tiket masuk sebesar 20 Lei Rumania atau setara dengan Rp67 ribu.

Taman rekreasi ini memiliki jam operasional setiap hari mulai pukul 9.00-16.00 waktu setempat.

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *