Belasan Warga Bangladesh Ditampung di Rumah RT

BANGLADES2DUMAI– Sat Reskrim Polres Dumai mengamankan belasan Imigran warga negara Bangladesh yang ditampung di Jalan Meranti Darat Kelurahan Ratu Sima Kecamatan Dumai Selatan Senin (17/10) sore. Mereka berjumlah 17 orang itu diamankan saat sedang berkumpul di rumah seorang ketua rukun tetangga (RT 02) setempat.

Tim Opsnal Sat Reskrim menerima laporan warga mengetahui rumah tersebut terdapat warga bangladesh yang ditampung. Setelah periksa, polisi menemukan mereka, 17 orang WNA Banglades 2 diantaranya merupakan warga dumai, pemilik rumah dan sopir travel yang bekerja sebagai antar jemput mereka.

Pantauan di Mapolres Dumai, mereka di gelandang ke ruang Unit II Tipidter Sat Reskrim Polres Dumai dilakukan pemeriksaan.

SU (59) merupakan RT 02, mengaku mereka dititipkan di rumahnya. “Mereka dititipkan ke saya dan saya hanya membantu untuk sementara waktu dirumah dan mengasi makan, dan saya diberi uang untuk 1 juta untuk biaya makan mereka saja,” ujarnya.

Ia mengaku tidak mengetahui dari mana dan hendak kemana berlasan warga Bangladesh itu akan di bawa. “Yang jelas saya hanya memberi makan saja, setau saya mereka legal, mereka mengantongi Paspor,” sebutnya.

SU mengaku warga Bangladesh 4 orang warga Bangladesh itu sudah 3 hari dirumahnya.

Pengakuan dari AN (40) sopir travel, bahwa ia hanya mengantar atas suruhan saja. “Saya cuma mengantar mereka sesuai yang di sampaikan,” sebutnya kepada polisi.

Kapolres Dumai AKBP Donald H Ginting SIK MSi mengatakan, ke 17 orang itu diamankan disalah satu rumah yang berada di Jalan Meranti Darat saat sedang berkumpul, setelah di periksa ternyata mereka orang asing warga Bangladesh, mereka masuk melalui Bandara Kualanamu Medan pada tanggal 14 oktober 2016.

“Kita menduga mereka akan menyebrang ke malaysia, mereka yang diamankan berjumlah 17 orang 1 diantaranya sopir travel dan pemilik rumah, mereka ditetapkan sebagai saksi, sementara belum ada dugaan kesalaahan, namun diduga mereka akan melakukan penyeberangan ilegal ke Malaysia,” tambah Kapolres.

Lanjut kata Kapolres, rencananya mereka akan diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II Dumai, tutupnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *