BERI KULIAH UMUM Bupati Siak di UIN SUSKA Riau

siak2SIAK- Bupati Siak H Syamsuar memberikan kuliah umum di Islamic Center kampus UIN SUSKA Riau Pekanbaru untuk Fakultas Syariah dan Hukum. Kuliah umum tersebut mengambil tema Problema dan tantangan ekonomi Riau menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Lebih kurang selama 60 menit dihadapan 500 lebih mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum bapak tiga orang anak ini menyampaikan apa saja yang harus dilakukan terkait tantangan ekonomi Riau yang bisa dan siap menghadapi masyarakat ekonomi Asean, Senin (22/2) Kemarin.

Dalam paparannya Syamsuar menjelaskan, sejak diberlakukannya masyarakat Asean tanggal 31 Desember 2015 yang lalu, diambil suatu kesepakatan bersama untuk mengembangkan kawasan yang terintegrasi dengan membentuk suatu komunitas negara negara Asia Tenggara yang terbuka, damai, stabil dan sejahtera, saling peduli dan diikat bersama dalam kemitraan yang dinamis.

“Hal tersebut menghasilkan tiga pilar yaitu, Masyarakat Politik Keamanan, Masyarakat Ekonomi dan Masyarakat Sosual Budaya, ucap Bupati Siak dalam penyampaiannya.

Menurutnya, pengaruh MEA bagi daerah adalah adanya peluang, tantangan dan ancaman. “Untuk itu kita harus meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM, meningkatkan infrastruktur, meningkatkan investasi daerah, dan meningkatkan daya saing produk unggulan lokal,” ucapnya lagi.

Selain itu ia menambahkan ada yang harus diantisipasi dari MEA tersebut. Pertama, Indonesia hanya sebagai sumber eksploitasi energi dan bahan baku, melebarnya defisit perdagangan jasa seiring peningkatan perdagangan barang, lemahnya posisi tawar tenaga kerja Indonesia dibandingkan tenaga kerja asing dan investasi asing mengalahkan kekuatan pengusaha lokal dalam hal permodalan, teknologi dan inovasi produk.

Tak lupa Ia beberkan sejumlah program program pembangunan di kabupaten Siak terkait persiapan menghadapi MEA tersebut.

Dipenghujung kuliahnya mantan Pj Bupati Meranti ini, memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar nantinya mereka dapat menjadi generasi penerus yang dapat diandalkan.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *