BESOK, Pabrik Ready Mix dan Batching Plant BUMD Diresmikan

bumd3DUMAI— Jumat (30/09) besok,  akan menjadi hari paling penting bagi BUMD PT Pembangunan Dumai. Pasalnya, dijadwalkan Pabrik Ready Mix dan Batching Plant terletak di Bukit Timah KM 9 milik BUMD PT Pembangunan Dumai akan diiresmikan secara langsung Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Wakil Walikota Eko Suharjo.

Hal itu disampaikan Direktur BUMD PT Pembangunan Dumai, Benedy Boiman didampingi Manager Operasional Annora Arsan. Menurut mantan anggota DPRD Dumai ini, pembangunan pabrik ready mix dan batching plant ini berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang penyertaan modal. Dimana Pemko Dumai telah mengalokasikan dana untuk penyertaan modal sebesar Rp28 Milyar sebagai modal usaha pabrik ready mix dan batching plant BUMD PT Pembangunan Dumai.

Katanya, Pabrik ready mix dan batching plant ini dibangun diatas lahan seluas 1,2 Hektar ,sudah menggunakan peralatan canggih dan mampu menghasilkan 60 kubik ready mix perjam atau sekitar 600 kubik sehari. Selain itu, setelah ini beroperasi maksimal pabrik ready mix dan batching plant dipastikan bakal mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp8 miliar pertahun.

bumd dumai“Pembangunan Pabrik ready mix dan batching plant telah menelan biaya sebesar Rp 22 Milyar. Dana itu untuk pembebasan lahan 1,2 Hektar Rp 1,8 miliar sisanya untuk membeli peralatan operasional seperti 7 unit mobil molen, alat mixer, silo, pembangunan kantor, labor dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Benedi Boiman.

Sebelum melakukan pengajuan penyertaan modal,  BUMD telah melakukan kajian ilmiah melibatkan pihak-pihak yang berkompeten melalui kajian ilmiah itu mengajukan proposal penyertaan modal. ”Alhamdulillah, Pemko Dumai dan DPRD Kota Dumai menyetujuinya lalu mengalokaikan dana penyertaan modal sebesar Rp28 Miliar,” ungkapnya.

Untuk mendukung kegiatan ini, telah menandatangani MoU atau nota kesepahaman dengan beberapa perusahaan dan kontraktor yang ada di Kota Dumai. Bahkan siap bersaing secara sehat tanpa harus ada campur tangan Pemerintah Kota Dumai maupun DPRD Dumai.

“Hal ini kami lakukan untuk menunjukkan bahwa BUMD PT Pembangunan Dumai mampu berdiri sendiri. Bahkan kami siap bersaing secara sehat. Untuk itu, kami mengaplikasikan peralatan canggih dipabrik. Bahkan kami membuat labor untuk menguji kwalitas ready mix dan batching plant agar produk yang kami jual benar-benar berkualitas,” tegasnya

Lebih lanjut kata Benedi Boiman, berharap peresmian pabrik ready mix dan batching plant milik BUMD PT Pembangunan Dumai dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. ”Ini merupakan pencapaian niat dari mantan Direktur BUMD almarhumah Zupadli Karim yang mana ini merupakan program beliau,” ingatnya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *