BNPB Pusat Bantu 3 Unit Kendaraan Atasi Bencana di Rohil

11-ft eka foto bantuanBAGANSIAPIAPI – Guna mengantisipasi bencana alam di daearah Badan Nasional Penangulangn Bencana (BNPB) Republik Indonesia menyalurkan bantuan kendaraan oprasional sebanyak 3 unit.diantaranya berupa 1 unit roda empat dan 2 unit roda dua dan langsung di laporkan ke Plt Sekdakab Rohil Surya Arfan Jumat (11/12) di Halaman Kantor Bupati Rohil, Jalan Merdeka.

“Alhamdulillah, bantuan dari pusat ini akan kita pergunakan dengan baik. Apalagi saat ini sedang musim hujan dan rawan banjir. jadi tidak ada alsan lagi untuk tidak turun kelapangan,” Demikian diungkapkan Kepala Badan Penangguylangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil Azhar Achmad Ali.

Pantauan dilapangan terlihat Mobil oprasinal ini jenis Isuzu Sport dengan nomor polisi B 6582 TAC dan Kawasaki KLX dengan nomor polisi B 6581 TQC dan B 6582 TQC.saat penyerahan Sekda saat itu didampingi oleh Kepala BPM2T Indra Putrayana, Kepala Diskop dan UKM Jon Syafrindow, Kepala Bappemas Hj Murniwati, Kepala Dinas Perkebunan SYahril, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Tuti.

Sejuah ini pihaknya katanya lagi sudah mulai turun ke lapangan, musibah banjir masih tergolong normal dan terjadi di wilayah Kecamatan Bangko. “Sudah kita petakan dan masih berupa genangan air dan teras rumah saja,’Selanjutnya BPBD siap untuk turun kelapangan dan tanggap untuk melakukan penaggulangan baik kemungkinan evakuasi ataupun kemungkinan untuk ikut agar air bisa kering dengan peralatan yang ada. “Bantuan mobil ini perdana dan akan rutin dianggarkan oleh pusat tiap tahun dalam bentuk peralatan yang diperlukan. dari pemkab rohil juga kita sudah anggarkan sarana lainnya,” terang Azhar.

Sedangakan Plt Sekda Surya Arfan menambahkan, dengan diberikannya bantuan ini maka saat ini BPBD Rohil memiliki 5 kendaraan oprasional ditambah bantuan Pemkab Rohil yang sudah membelikan 2 mobil oprasional untuk Dinas yang baru berumur 1 tahun ini. “Jaga dan rawatlah dengan baik. gunakan saat dilapangan dan jangan digunakan untuk kepentingan pribadi,”pesan Sekda.

Sementara,kata Sekda lagi untuk bencana alam di Rohil yang mendominasi adalah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) dan musibah Banjir. Untuk itulah diminta BPBD selallu siaga dan tanggap terhadap 2 musibah rutin ini. “Kalau abrasi tidak rutin karena bisa puluhan tahun sekali. kalau karlahut daa banjir memang rutin setiap tahun terjadi di Rohil,”tandas Sekda.(FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *