BPOM RI Sidak Pasar Ramadan

Badan Pom saat memgecek makananSIAK- Seperti tahun sebelumnya, menginstensifikasi pengawasan pangan selama Ramadhan terhadap penggunaan zat-zat berbahaya seperti Formalin, Borak dan lainnya terhadap makanan terutama di pasar Ramadhan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Pekanbaru menggelar sidak di pasar Ramadhan Kabupaten Siak Kamis (9/6) sore kemarin.

Dalam kesempatan itu tim BPOM RI Pekanbaru didampingi Kasi pengawasan Disperindag T. Wendi, Kabid keparmasian sarana prasarana Dinkes H. Ali Marsyofi‎ SKM, MSi, Labkesda Siak heppy Chandra.

Selain melakukan pengecekan terhadap pasar Ramadhan, petugas BPOM RI Pekanbaru juga mengecek sejumlah pedagang di toko-toko, namun demikian alhasil setelah melakukan pengecekan terhadap sejumlah makanan, tidak ditemukan makanan yang mengandung formalin, borax dan zat berbahaya sejenisnya.

Kasi pemeriksaan BPOM Riau Veramika ginting SSi Apt MH disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan intensifikasi pengawasan makanan dalam menggunakan zat zat makanan berbahaya selama Ramadhan.

“Pengawasan ini untuk makan berbuka Puasa seperti Takjil, yang bertujuan untuk menjaga mas‎yarakat dalam membeli makanan,” ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan oleh badan Pom setiap tahunnya dalam Bulan Ramadhan.” kegiatan rutin ini dilaksanakan bergilir di 12 kabupaten/kota yang ada di provinsi Riau selama bulan Ramadhan,” jelasnya.

Menurutnya dalam operasi ini ada 44 sampel makanan yang terdiri dari mie basah, tahu bakso bakar, cendol, es buah, mi sagu krupuk dan goreng sejenis lain lain.

“Dari semua Sampel yang diuji hasilnya negatif tidak ada yang mengandung zat berbahaya, namun demikian kita berharap agar para penjual supaya tidak menggunakan zat makanan yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat,” harapnya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *