Brio Satya dan HR-V Dominasi Penjualan Honda

FotoJAKARTA –PT Honda Prospect Motor selaku Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia meluncurkan data penjualan mereka selama 8 bulan di 2016. Sejak Januari hingga Agustus ini, perusahaan yang menjadi distributor dan produsen mobil merek Honda ini berhasil menjual sebanyak 136 ribu unit dalam waktu 8 bulan. Adapun model yang menjadi kontributor penjualan terbaik adalah Brio Satya dan HR-V.

Angka ini menandakan peningkatan 84% dari bulan sebelumnya pada catatan penjualan mereka. Hasil penjualan tersebut didorong oleh hasil pada Agustus di mana Honda menorehkan penjualan 17.088 unit. Disebutkan pihak Honda, perkembangan iklim industri otomotif yang sudah membaik turut mendukung peningkatan ini.

”Penjualan Honda di bulan Agustus 2016 didukung oleh kondisi pasar yang sudah kembali normal setelah di bulan sebelumnya sempat menurun karena libur panjang Lebaran. Selain itu, penjualan produk-produk Honda di ajang GIIAS 2016 yang berlangsung pada bulan Agustus lalu juga turut memberikan kontribusi positif pada penjualan Honda,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Brio Satya sebagai model mobil murah ramah lingkungan yang baru mengalami penyegaran signifikan di bulan April berhasil terjual sebanyak 5.812 unit, meningkat 87% dari bulan sebelumnya sebesar 3.111 unit. Jumlah 5.823 inipun menambah total penjualan Brio Satya sebanyak 20.308 unit selama 8 bulan.

Uniknya, meski City Car LCGC menjadi primadona, namun peringkat berikutnya justru didominasi Honda berjenis SUV dari berbagai segmen. Crossover HR-V 1.5L terjual sebanyak 2.959 unit atau meningkat 24% dari bulan sebelumnya. Sementara HR-V 1.8L terjual sebanyak 413 unit.

Kendaraan Low MPV yakni, New Mobilio berada di peringkat berikutnya dengan torehan di Agustus sebanyak 2.280 unit. Dari segmen Hatchback, All New Jazz meraih penjualan 1.932 unit meningkat dari bulan sebelumnya. Secara total All New Jazz sudah terjual sebesar 12.228 unit di sepanjang tahun 2016.

Model SUV lain dari Honda, CR-V berhasil membukukan penjualan sebanyak 863 unit yang artinya meningkat 66% dari bulan sebelumnya. Low SUV berbasis Mobilio, BR-V, selama Agustus dan termasuk dari ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), terjual 624 unit.

New Brio RS yang merupakan versi non LCGC dari Brio, terjual sebanyak 1.641 unit atau meningkat 128% dari bulan sebelumnya. Dari segmen Sedan, All New Honda Civic Turbo meraih penjualan sebanyak 339 unit meningkat 132% dari bulan sebelumnya. Model sedan yang lebih terjangkau, City, berkontribusi sebanyak 168 unit di Agustus.

Adapun model yang penjualannya sangat sedikit bagi Honda adalah New CR-Z dan New Accord. CR-Z yang memang sangat segmentif sebagai sportscar hibrida berhasil membukukan penjualan 11 unit di bulan kedelapan 2016. Sementara model yang sangat niche, yakni Accord, berkontribusi sebanyak 6 unit.

PT HPM memang memiliki portofolio produk yang lumayan luas untuk berbagai pasar di Indonesia. Pilihan kendaraan yang dihadirkan terbilang banyak mulai dari LCGC , hingga Sedan mewah. Mereka bahkan membuat pasar baru dengan menghadirkan Low SUV 7-seater dengan rangka bodi monokok, BR-V.

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *