Bupati Ajak Masyarakat Bangun Rohil Bersama-sama

-Sekda Riau Ahmad Hizazi, Bupati H.Suyatno, Wabup Drs Jamiluddin , ketua DPRD Nasrudin Hasan dan wakil ketua DPRDBAGANSIAPIAPI-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Rohil ke 17 tahun yang dilaksanakan digedung serbaguna, Bagansiapiapi, Selasa (4/10) pagi berlangsung khidkmat.

Paripurna kali ini dipimpin langsung Ketua DPRD Rohil H. Nasruddin Hasan didampingi tiga wakilnya, Suyadi, Abdul Kosim dan Syafruddin serta dihadiri oleh Bupati Rohil H Suyatno Amp didampingi Wabup Drs Jamiluddin.

Hadir dalam acara ini Sekda Propinsi Riau Ahmad Hizazi, Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi, Seluruh Anggota DPRD Rohil, Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Kajari Rohil Bima Suprayoga, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kapolres rohil AKBP Hendry Posma Lubis Sik, Para Pimpinan SKPD, Mantan Bupati rohil pertama H Wan Thamrin Hasyim, Camat Serohil, Lurah/datuk penghulu,tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Pada hari jadi ini Pemkab Rohil juga memberikan cendramata kepada beberapa tokoh pendiri Rokan Hilir diantaranya Mantan Bupati H.Wan Syamsir Yus, Anggota DPRD Riau Asri Auzar, Mantan Sekda Asrool M Noor, Mantan Sekda Asmirin Usman dan Syafruddin.

Para tokoh pendri rohil berfoto bersama Sekda Riau dan Bupati serta Pimpinan DPRD RohilBupati Suyatno beserta istri dan tamu undangan saat tiba dilokasi sidang ParipurnaKetua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan dalam sambutannya mengatakan, perayaan hari jadi kabupaten yang berjuluk negeri seribu kubah harus dirayakan dengan rasa suka cita oleh seluruh masyarakat rohil. Dimana hari yang bersejarah ini masyarakat bisa melihat langsung perkembangan Kabupaten Rohil yang saat ini terlihat jelas berbagai sektor pembangunan diberbagai sektor. Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk mensejahterakan masyarakat.

Ketua juga mengakui masih banyak pembangunan di Rohil yang perlu ditingkatkan baik itu yang terlihat nyata maupun yang sedang dikerjakan. Namun semua itu tidaklah cukup untuk membanggakan diri dari dan masih banyak pekerjaan pemkab rohil yang harus diselesaikan dan untuk mewujudkannya marilah kita bersama-sama membangun tanpa ada perbedaan agama, suku maupun Ras agar kedepannya kabupaten yang sama-sama kita cintai ini bisa terpandang dan terbilang dimata kabupaten//kota yang ada di Provinsi Riau.

Politisi Partai Golongan karya (Golkar) Rohil ini juga meminta masyarakat dan perusahaan yang ada dirohil untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Pasalnya, dampak dari kegiatan itu selain merusak lingkungan juga mengancam kesehatan masyarakat. Kemudian praktek pencurian ikan (ilegal Fishing) sejauh ini juga masih terjadi diperairan rohil khususnya dikecamatan pasir limau kapas (Palika).

Bahkan para pelakunya berasal dari negara asing dan daerah lain yang tentunya membuat hasil tangkapan nelayan tradisional kita menurun drastis. Untuk itu marilah kita bersama-sama menjaga negeri ini agar masyarakat bisa hidup sejahtera, “Harap Nasruddin.

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno Amp meyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyrakat rohil yang telah mendukung seluruh program pembangunan dirohil.sesuai motto hari jadi kali ini “Dengan semangat hari jadi ke 17 kita tingkatkan kwalitas kerja untuk memantapkan hasil pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan daya saing dan kemandirian daerah.””semoga dengan usia yang sudah mapan ini rohil kedepannya bisa lebih maju dan mampu bersaing dengan kabupaten/kota yang ada diriau, “Ujarnya.

Suyatno juga mengatakan kalau hari jadi rohil ke 17 tahun ini sangat spesial, dimana perayaannya bersamaan dengan HUT TNI ke 71 tahun. Nah, dengan semangat itulah kita semua berharap kepada masyarakat dan komponen lainnya untuk bersama-sama membangun daerah dengan cara memberikan masukan-masukan yang positif kepada pemerintah daerah.

Saat ini Kabupaten Rohil memiliki 18 kecamatan dengan jumlah peduduk miskin telah terjadi pengurangan hingga 3,32 persen. Untuk mengantisifasi kemiskinan itu pemkab rohil katanya berupaya semaksimal mungkin untuk menganggarkan pembangunan RLH melalui APBD maupun APBD-P setiap tahunnya. Kemudian untuk mengantisifasi daerah terisolir pemkab rohil juga berupaya semaksimal mungkin untuk membangun jalan dan jembatan penghubung antar kecamatan.

Ditempat yang sama, Mantan Bupati Pertama Rohil, H Wan Thamrin Hasyim yang juga merupakan salah satu pejuang pembentukan Kabupaten Rohil mengatakan, Perjuangan membentuk kabupaten rohil ini penuh dengan perjuangan dengan darah dan air mata. Pertama kabupaten ini berdiri APBD nya hanya sekitar Rp3 Miliar, namun berkat perjuangan kita secara bersama-sama APBD kita sudah terjadi peningkatan hingga menempati angka Rp2 Triliun lebih setiap tahunnya.

Selain dari pada itu, Kabupaten Rohil ini juga memiliki aset berupaya Hymne dan Mars Rohil. Aset itu hendaknya harus dijaga dan dilestarikan oleh pemerintah dengan sebaik mungkin. “Diprovinsi riau ini hanya kabupaten rohil yang memiliki Hymne dan Mars, untuk itu aset yang sangat berharga ini harus kita jaga dengan baik, “pesannya singkat.

Acara itu juga menampilkan Mars dan Hymne Rokan Hilri serta dihadiri ratusna undangan yang memadati dalam dan luar gedung Serbaguna. Usai acara ini Rohil akan terus berlari karena usia yang cukup beranjak dewasa sehingga harus lebih baik dengan menjalankan visi dan misi yang telah dibuat.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *