BUPATI DIMINTA Lanjutkan Proyek MY Duri-Pakning

Jalan-Lingkar-Barat-duriBENGKALIS– Bupati Bengkalis Amril Mukminin diminta untuk dapat melanjutkan kembali proyek pembangunan jalan lingkar Duri (Kecamatan Mandau)-Sungai Pakning (Kecamatan Bukitbatu) dengan system Multiyears (My). Sebelumnya jalan Duri-Pakning itu sudah selesai dilelang dengan system MY tahun 2012 lalu, tapi Pengguna Anggaran (PA) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis tidak mau menandatangani kontrak kerja.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPRD Bengkalis, Syahrial ST, Rabu (16/3). Jalan lingkar Duri-Pakning sendiri merupakan skala prioritas sejak zaman Bupati, H Syamsurizal sampai dengan era Bupati, H Herliyan Saleh untuk memperpendek rentang geografis antara kota Duri sekitarnya dengan ibukota Kabupaten di Pulau Bengkalis.

“Sampai saat ini kita masih mempertanyakan kenapa jalan lingkar senilai Rp 537 milyar itu tidak dilakukan penandatanganan kontrak antara pemenang lelang PT.Citra Gading Asritama (CGA) dengan Dinas PU Bengkalis. Karena jalan ini sangat urgen, kita sangat berharap Bupati Amril Mukminin melanjutkan program pembangunan jalan lingkar Duri-Pakning,”saran Syahrial.

Dikemukakannya, jalan Duri-Pakning sendiri rencana pembangunannya sudah digadang-gadang sejak periode pertama Bupati Syamsurizal menjabat. Kemudian pada masa Bupati Herliyan Saleh direalisasikan rencana pembangunan jalan lingkar tersebut dan selesai sampai tahap lelang dengan pemenang PT.CGA. Entah apa penyebabnya, sampai sekarang proyek tersebut tidak kunjung dikerjakan dan tidak ada penandatanganan kontrak kerja.

Malahan sambung politisi Partai Golkar itu, tidak ditandatanganinya kontrak kerja antara Dinas PU dengan PT.CGA berbuntut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Mahkamah Agung (MA), dimana PT.CGA menggugat Pemkab Bengkalis melalui Dinas PU. Padahal jalan Duri-Pakning itu merupakan proyek yang paling urgen dibanding proyek My lainnya, karena belum adanya akses jalan langsung sama sekali dari Pulau Bengkalis via Sungai pakning menuju kota Duri sekitarnya maupun sebaliknya.

“Bupati kita minta untuk mengajukan Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang juga memuat klausul pembangunan jalan lingkar Duri-Pakning melalui sistem My. Tujuannya supaya pembahasan Ranperda RPJMD serta ranperda proyek My kedepannya dapat dipercepat, karena jalan itu merupakan salah satu prioritas pembangunan Bengkalis sejak otonomi daerah bergulir,”kata Syahrial. (*/FR)

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *