Bupati Rohil Lepas Kirab Budaya

kirab budayaBAGANSIAPIAPI— Sempena perayaan HUT kabupaten Rokan Hilir ke 17, Bupati Rokan Hilir, H Suyatno melepas secara resmi kirab budaya akulturasi budaya masyarakat Rokan Hilir.

Dimana Bupati meminta kedepan, tidak hanya suku Jawa, melainkan melibatkan semua suku yang ada. Kirab dilaksanakan Senin (3/10) di depan SMP Negeri I Bangko, pada awalnya Bupati Suyatno memukul gong peresmian, lalu melepas kirab, peserta berkeliling kota Bagansiapiapi.

H Suyatno dalam pengarahannya mengapresiasi panitia, karena baru pertama kali diadakan kirab tersebut. “Tidak membedakan suku agama lainnya, Rokan Hilir untuk semua suku, kebetulan masyarakat kita Jawa punya kesenian adat istiadat, ada kereta kencana,” katanya.

Kereta kencana tersebut pada awalnya akan dinaiki Bupati Suyatno, namun beliau menolaknya dan menyuruh yang lain, begitu juga panitia sudah menyediakan baju, namun dia memilih memakai baju melayu, sebagai bentuk menyatunya masyarakat Rohil dari berbagai suku.

Dia minta ditingkatkan dimasa yang akan datang, kalau bisa semua suku diikutkan dalam kirab budaya tahun mendatang saat peringatan HUT Rohil. “Coba diciptakan kedepan, aset saat HUT Rohil, semua kebudayaan agar masyarakat tahu, agar tidak membedakan suku,” pintanya.

Ketua Panitia Pelaksana, Misyanto menjelaskan, disamping pawai, acara kirab budaya juga diikuti campur sari menghadirkan bintang tamu Emilia Quen, Bintang Pantura Indosiar, dengan maksud melestarikan budaya.

Peserta terdiri dari reog ponorogo, kuda lumping, masyarakat umum dari Kecamatan Sinaboi, Kecamatan Bangko bahkan dari Teluk Bano Kecamatan Pekaitan, sumber dana, Bupati Suyatno, Pemkab Rohli serta tokoh masyarakat.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *