Camat Bukit Batu Imbau Kades Manfaatkan Dana Desa Tepat Guna

camat bukit batuBUKITBATU – Camat Bukit Batu, M Fadlul Wajdi  mengingatkan agar seluruh Kepala Desa (Kades) dikecamatan Bukit Batu kabupaten Bengkalis yang berjuluk Negeri Junjungan ini, harus benar-benar memanfaatkan dana desa yang diterima untuk peningkatan pembangunan infrastruktur.

Infrastruktur yang berdampak dan bermanfaat bagi percepatan perkembangan roda perekonomian masyarakat desa, harus dilakukan melalui padat karya. Tidak boleh melibatkan orang ketiga atau diproyekkan, yang intinya Harus swakelola dan tidak boleh dikerjakan oleh perusahaan.

Kemudian, tenaga kerja yang dipekerjakan harus warga tempatan. Bahkan kalau memungkinkan dan memang tersedia didesa, seluruh bahan bakunya dibeli dari warga setempat.

“Misalnya batu bata. Untuk apa, tujuannya agar roda perekonomian masyarakat di wilayah desa tersebut bisa berkembang cepat. Karena tujuan dari adanya dana desa yang dikucurkan pemerintah itu adalah untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan desa,” jelasnya. Selasa (30/8)

Kepada seluruh kepala desa, Fadlul juga mengingatkan agar dana desa yang diterima dipergunakan secara transparan. Setiap pemanfaatannya harus tepat sasaran dan perencanaannya sejak awal mesti diketahui masyarakat.

“Tidak boleh ada yang disembunyi-bunyikan. Kalau perlu, tempel ditempat-tempat umum setiap rencana penggunaan dana desa,” tegasnya.

Mantan Sekcam Mandau ini berharap agar segera melaporkan bila ada dana desa yang diperuntukkan tidak sesuai ketentuan. Tidak tetap sasaran, tidak tepat guna. Begitu juga bila ada kepala desa yang menyelewengkan dana desa.

“Segera laporkan pada kami, bila ada dana desa yang penggunaannya tidak transparan. Tidak tepat guna, tidak tepat sasaran. Begitu juga bila ada indikasi dana tersebut diselewengkan, dan Tidak perlu takut,” pesan Fadlul.(RI)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *