Catin Asal Tiga Kecamatan Ikuti Diklat Pra Nikah di KUA Tualang

FULLRIAU.COM, PERAWANG — Sebanyak 57 pasang Calon Pengantin (Catin) dari tiga kecamatan di Kabupaten Siak masing-masing Kecamatan Tualang, Minas dan Sei Mandau diberikan Diklat Pra Nikah yang diberlangsungkan di Gedung Balai Nikah KUA Tualang pada Selasa (13/7). Diklat ini dikoordinir Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelastarian Pernikahan (BP4) Kecamatan Tualang bersinergi dengan Kemenag Kabupaten Siak terutama.dalam mengisi pemberi materi Diklat Pra Nikah.

Ketua BP4 Kecamatan Tualang, H.A. Razak melalui salah seorang panitia lapangan BP4, Baharrudianto menyebutkan bahwa pelaksanaan Diklat Pra Nikah dilangsunglan selama 2 hari yang dimulai pada Senin (12/8) kemarin karena diklat ini menggunakan  pola 16 jam.

“Pada hari pertama nara sumbernya adalah H Muhaimin, H Nursa dari Kemenag Siak, dr Hj Nedra dari petugas kesehatan Puskesmas Perawang, Kepala KUA Perawang, H Najamuddin SH.I, Alwis S Sos I MA Kepala KUA Sei Mandau dan Penghulu KUA Tualang, Drs H Khairuddin Rasul,” ujar Baharudiyanto yang akrab di panggil pk Ujang ini.

Dikatakannya, setelah mengikuti Diklat Pra Nikah maka kepada pasangan Catin diberikan sertiikat yang menerangkan telah mengikuti Diklat Pra Nikah.

“Sertifikat ini selain bukti telah melaksanakan Diklat Pra Nikah juga syarat untuk diberikan suntik kesehatan dari puskesmas sesuai ketentuan dan aturan yang ada,” tambah pak Ujang.

Sementara Kepala KUA Tualang, H Najamuddin SH.I menegaskan bahwa mengikuti Diklat ini wajib, namun sesuai aturan dan ketentuan yang ada yang menggelar diklat adalah BP4 bukan dari Kemenag atau KUA. (rd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *