CITY LEPAS DARI KUTUKAN Unggul Agregat dari Dynamo Kyiv

Dynamo Kiev's Ukrainian midfielder Denys Garmash (R) fouls Manchester City's Argentinian striker Sergio Aguero during a UEFA Champions League last 16, second leg football match between Manchester City and Dynamo Kiev at the Etihad Stadium in Manchester, north west England, on March 15, 2016. / AFP / OLI SCARFF
Dynamo Kiev’s Ukrainian midfielder Denys Garmash (R) fouls Manchester City’s Argentinian striker Sergio Aguero during a UEFA Champions League last 16, second leg football match between Manchester City and Dynamo Kiev at the Etihad Stadium in Manchester, north west England, on March 15, 2016. / AFP / OLI SCARFF

MANCHESTER City menjadi tuan rumah dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2015-2016, Rabu (16/3/2016) dini hari WIB. City memang lebih diunggulkan jika dibandingkan dengan Dynamo Kyiv yang menjadi tamu karena mereka sudah unggul 3-1 secara agregat.

Namun, City memiliki rekor buruk dalam beberapa pertandingan terakhir. Mereka harus menelan satu kekalahan dan satu imbang dalam lima pertandingan terakhir. Mereka dinilai tidak bisa menjadi juara Premier League musim ini karena berjarak terlalu jauh dengan Leicester City yang berada di puncak klasemen.

Pada pertandingan babak pertama City sudah harus merelakan dua kesempatan pergantian pemain karena dua pemain mereka mengalami cedera. Sementara itu dalam beberapa kesempatan, barisan lini depan City gagal meraih gol. Skor imbang 0-0 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua City mengendurkan tekakan. Akibatnya beberapakali Kyiv mampu membuat peluang. Sayang sampai pertandingan berakhir, Kyiv tidak mampu mencetak gol dan membuat City lolos ke babak selanjutnya.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

City harus menelan berita buruk sejak menit-menit awal, kapten mereka Vincent Kompany mengalami benturan yang mengakibatkan cedera. Akhirnya Kompany ditarik keluar pada menit tujuh dan digantikan Eliaquim Mangala.

Tujuh menit kemudian Sergio Aguero memiliki peluang mencetak gol. Sayang ketika bola berhasil ia kuasai, pemain bertahan Kyiv terlebih dahulu merebut bola dan membuat harapan City gugur.

Menit 23 Manchester City kembali mengalami masalah cedera. Akhirnya Nicolas Otamendi harus ditarik keluar untuk digantikan Martin Demichelis. Tentu ini menjadi sebuah kerugian bagi City karena mereka sudah melakukan dua pergantian pemain.

Setelah itu Kyiv giliran menguasai serangan. Beberapa kali mereka sabar menyusun serangan dari lini tengah ke barisan belakang City. Sementara itu City hanya mengandalkan serangan balik untuk membuka kesempatan gol.

Menit 33 Kyiv di luar dugaan mampu memberikan perlawanan. Melalui sisi kiri, mereka menyisir dan melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Sayang pemain Kyiv yang berada di dalam kotak penalti menyia-nyiakan peluang dan membuat Joe Hart mudah untuk menepis bola.

Menjelang turun minum City kembali mendapatkan beberapa kesempatan. Namun, sayang Jesus Navas yang sempat memiliki kesempatan emas harus membuang bola secara percuma dan hanya menghasilan tendangan gawang untuk Kyiv.

Menit 44 David Silva sempat mendapat sodoran terobosan dari Fernandinho. Sayang penjaga gawang Kyiv terlebih dahulu mengamankan bola. Skor imbang 0-0 bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua City berusaha untuk melakukan serangan demi mengamankan tiket perempat final. Namun sayang beberapa kesempatan di lima menit pertama harus terbuang percuma.

Menit 57 Yaya Toure sempat mengancam gawang Kyiv melalu tendangan bebas. Namun sayang tendangannya tidak mampu membuat bola bersarang di gawang Kyiv.

Menit 60 Navas nyaris mencetak gol setelah mendapat umpan dari Toure. Sayang tendangannya hanya membentur tiang gawang dan menghasikan tendangan pojok untuk City.

Memasuki menit 70 Manchester City mulai kehilangan kendali. Terbukti Kyiv mampu mencatatkan 53 persen penguasaan bola.

Menit 77 Aguero melakukan solo run dari tengah lapangan sebelum akhirnya melepaskan umpan kepada David Silva. Sayang bola lebih dulu diamankan oleh penjaga gawang Kyiv.

Menit 86 Dinamo Kyiv memiliki kesempatan untuk mendapat penalti setelah Yarmalenko dijatuhkan di dalam kotak 12 pas. Sayang wasit tidak melihat itu menjadi hukuman penalti.

Sampai pertandingan selesai kedua tim masih belum mampu mencetak gold an membuat Manchester City lolos ke babak selanjutnya.

Manchester City (4-2-3-1): Hart; Zabaleta, Kompany, Otamendi, Clichy; Fernando, Fernandinho; Navas, Toure, Silva; Aguero.

Dynamo Kyiv (4-3-3): Shovkovskiy; Vida, Khacheridi, Dragovic, Antunes; Garmash, Veloso, Buyalskiy; Yarmolenko, Teodorczyk, Gusev.

(yoh/okz)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *