CUMA Tersedia 63 Kantung, Stok Darah PMI Menipis

DUMAI–Persediaan darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI kota Dumai kian hari kian menipis akibat banyaknya permintaan yang tidak dibarengi dengan jumlah pendonor saat bulan puasa.Berdasarkan Data UDD PMI Dumai setakat ini stok yang tersedia sebanyak 63 kantung terdiri dari Golongan A 26, B 13, O 9 dan AB 15 kantong.

” Stok sangat menipis karena jumlah pendonor juga menurun drastis selama puasa, sementara permintaan relativ ditambah kebutuhan RSUD perhari wajib dipenuhi. Stok yang cepat sekali berubah tergantung permintaan,”Kata

Ketua Koordinator Harian UDD PMI H Amran Husin, Jumaat (24/6) kemaren. Menurut dia, jika pada hari biasa jumlah pendonor yang datang ke kantor PMI rumayan banyak, namun bulan puasa ini sangat sulit. Pihaknya menilai kondisi tersebut wajar, karena saat ini memasuki bulan Ramadhan. Hal itu terjadi setiap tahun saat bulan puasa berlangsung.

Kendati begitu, setiap kali pasien RSUD yang membutuhkan kantong darah biasanya ada darah pengganti dari keluarga, tujuannya agar stok darah tidak habis sehingga ketika kondisi darurat tidak susah-susah mencari pendonor.

Dan Guna menambahkan stok darah, PMI juga melakukan berbagai upaya. Seperti membuka pelayanan donor darah pada malam hari setelah berbuka puasa.Bahkan dalam waktu dekat ini ada sebuah Organisasi Tionghoa yang bakal melakukan donor darah diPMI. Mudah-mudahan kegiatan mereka dapat membantu ketersediaan darah selama Ramadhan ini.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *