Danlanal Tangkap 4 Kapal Bawang Ilegal

DSC_1003DUMAI – Tim lanal Dumai berhasil menangkap sekitar 58 ton bawang yang diamankan dari dua Kapal. Selain itu tim juga berhasil mengamankan 9 awak Kapal yang diamankan. Pada waktu yang sama Kapal KRI Cucut 866 juga mengamankan dua kapal dengan bermuatan sekitar 9 ton serta 11 ABK.

Bahkan saat penangkapan menurut informasi dilapangan tim juga sempat melakukan kejar-kejaran dengan kapal pembawa bawang, namun karena kapal tim lebih cepat dan berhasil mengamankan kapal tersebut.

”Penangkapan itu berawal dari informasi intelegen lanal, dari itu dilakukan penangkapan, dan berhasil menangkap dua kapal bermuatan 58 ton,” terang Danlanal Dumai, Lektol Laut (P) Muhammad Risahdi (HAN). Rabu (27/4) kemarin.

Danlanal mengatakan bawang ilegal itu, diduga berasal dari Malaysia Kuala linggi, bawang merah ilegal itu dijelaskan melanggar uu tentang kepabeanan dan permendag. ”Nanti nya akan kami limpahkan ke Bea Cukai, setelah di tindak lanjuti,” tutupnya.

Dijelaskan, penangkapan diperairan bukit batu bengkalis, Pat.bengkalis mendeteksi dan melihat dua kapal kayu yang sedang melakukan pelayaran dari Selat Malaka kearah Dumai.
Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui kapal tersebut tampa nama GT 6 dan GT 7, kemudian Pat. Bengkalis segera merapat untuk melakukan pemerikasaan dokumen dan muatan.
Pada saat pemeriksaan, nahkoda tidak dapat menunjukan dokumen kapal dan surat muatan kapal. Atas perintah Danlanal Dumai memerintahkan agar dua kapal tersebut ditangkap dan ditarik ke Lanal Dumai untuk pemeriksaan lebih lanjut. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *