Dinas Perikanan Kukuhkan KUB Nelayan Tangkap di Rupat

rupatBATUPANJANG–Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkalis melalui UPTD Perikanan dan kelautan Kecamatan Rupat terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para nelayan, khususnya bagi nelayan tangkap yang ada di daerah itu. Salah satu upaya dengan membentuk Kelompok Usaha Bersama(KUB)

“Pembentukan KUB ini berfungsi sebagai media penyampaian aspirasi KUB dengan tujuan untuk meningkatkan pemberdayaan nelayan” kata Kepala UPTD Perikanan dan Kelautan Kecamatan Rupat. Irwandi SP, disela sela acara pengukuhan KUB Nelayan Tangkap untuk Kecamatan Rupat, di ruang rapat kantor UPTD Perikanan dan kelautan Kecamatan Rupat, di Batupanjang, Kamis(29/9)

Irwandi menambahkan bahwa dengan pembentukan KUB diharapkan dapat memaksimalkan fungsinya sebagai wadah yang komunikatif antara KUB dengan KUB, KUB dengan Pemerintah ataupun KUB dengan Lembaga Usaha/Swasta lainnya.

Selain itu, Forum KUB ini juga diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam pelaksanaan penyaluran program Pemerintah. Dengan adanya hal tersebut, dapat dikatakan bahwa peran KUB dan Forum KUB sangat penting terhadap efektifitas pemanfaatan bantuan dari Pemerintah kepada nelayan.

Kata Irwandi lagi, khusus pada pengukuhan yang dilaksankan Kamis kemarin tercatat ada 10 kelompok KUB yang telah dikukuhkan . Semula kata Irwandi jumlah KUB yang diajukan sebanyak 15 kelompok KUB, namun setelah melalui proses verivikasi, akhirnya kelompok KUB yang dinyatakan benar benar siap hanya 10 kelompok KUB

Acara pengukuhan Kub nelayan tangkap di Kecamatan Rupat kemarin dihadiri Kabid Perikanan Tangkap Kabupaten Bengkalis, Hj Sumarni, Kasie Produksi dan Sumber Daya Ikan pada Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Heri Sondra. Turut hadir Polisi khusus Perikanan Kecamatan Rupat, Agusturi

Sementara dari Pemerintah Kecamatan Rupat diwakili Sekcam Rupat, Tengku Said Syamsuddin yang sekaligus membuka acara penyuluhan bagi para nelayan yang juga digelar oleh Dinas perikanan Kabupaten Bengkalis pada hari itu. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *