Disnaker Catat 142 TKA Asal Cina di Kota Pekanbaru

naker_asingPEKANBARU– Tenaga Kerja Asing (TKA) saat ini menyerbu beberapa wilayah Indonesia. Tidak terkecuali di Kota Pekanbaru.  Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Johnny Sarikoen menyebut sebenarnya TKA itu tidak hanya ada di Pekanbaru, ada juga beberapa di kabupaten kota lainnya.

“Yang bekerja di Pekanbaru saja sekitar 142 untuk seluruh wilayah Pekanbaru, bukan di Tenayan Raya saja,” kata Johnny saat di konfirmasi tentang keberadaan TKA asal Cina di proyek PLTU Tenayan Raya. Kata dia, di beberapa perusahaan di Pekanbatu, ada berbagai macam warga negara tidak hanya asal Cina. Izin pertama kali TKA ini datang dikeluarkan oleh kementerian.

“Kemudian melaporkan keberadaan ke disnaker kota itu yang kita pantau,” kata dia. Ditanya berapa lama izin yang diberikan oleh kementerian saat TKA itu melapor ke Disnaker, ia mengaku tidak hafal. Tapi, kata dia, izin tiap TKA beragam.”Izin macam-macam. Setiap orang ada yang 6 bulan, ada yang 8 bulan dan ada yang 1 tahun. Nggak sama. Untuk Tenayan saya tidak hafal,” jelasnya.

Soal pengawasan TKA ini, Johnny mengaku instansinya terus melakukan pantauan. Kata dia, kalau ada laporan masalah soal keberadaan TKA ini instansinya akan melakukan cek di lapangan. “Mengawasi secara berkala, kalau ada laporan kita datang apa masalahnya. Dari izin mereka nampak, sebelum berakhir kita datang kesana,”katanya mengakhiri. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *