DPRD Sahkan Prolegda 2016

$parse_imgBeredar-Kabar--Azmi-RF-Bakal-Gantikan-Posisi-JA-sebagi-Ketua-DPRD-Bengkalis-BENGKALIS- DPRD Kabupaten Bengkalis mentargetkan akan mengesahkan 9 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan beberapa Ranperda yang merupakan usul inisiatif dari anggota DPRD pada tahun 2016 ini.Kesembilan Ranperda tersebut adalah tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing, Ketertiban Umum, Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Barang Milik Daerah, Rencana Tata Ruang Wilayah, Badan Permusyawaratan Desa, Perangkat Desa, Organisasi Perangkat Daerah, RPJMD 2016-2021.

Adapun Ranperda yang merupakan inisiatif DPRD adalah tentang Tenaga Kerja Lokal, Retribusi Parkir Kendaraan Berat dan Alat Berat, Infaq dan Zakat, Wajib Belajar Madrasah, Retribusi Buah Sawit, Pemekaran Kelurahan, Coorporate Social Responsibility (CSR), Bantuan Pendidikan,Ketahanan Keluarga dan beberapa Ranperda yang masih dibahas nomenklaturnya.

Hal tersebut terungkap saat digelar sidang paripurna, Selasa (19/1) sore lalu. Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Zulhelmi dan dihadiri oleh Zulfan Herri, staf ahli mewakili Pj. Bupati Bengkalis, serta puluhan anggota DPRD Bengkalis ainnya.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP-Perda) DPRD Bengkalis, H Azmi Rozali M.Si menjelaskan, bahwa tahun 2016 ini DPRD Kabupaten Bengkalis akan fokus pada penyelesaian Ranperda yang merupakan pekerjaan yang tertunda dari tahun lalu.“Tahun 2015 sebenarnya kita sudah mentargetkan 21 ranperda, tapi terjadi miss-communication dengan pihak Sekretarian DPRD dalam hal penganggaran, sehingga hanya 6 Ranperda yang berhasil diselesaikan. Padahal kami masih mampu menyelesaikan lebih dari itu,” ujar mantan aktivis mahasiswa tahun 1994-1996 ini.

Dua agenda yang ikut dibahas dalam sidang paripurna pembukaan masa sidang tahun 2016 itu adalah penyampaian laporan reses anggota DPRD dan pembentukan Panitia Khusus proyek multi years. Walaupun pada awalnya sidang berlangsung panas, namun semuanya dapat berjalan sesuai rencana.

Pimpinan sidang, Zulhelmi ditemui usai sidang mengatakan, hubungan antara Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten Bengkalis memang penuh warna dan dinamika. “Namun semuanya bertujuan sama, yaitu mencari kebenaran dan menuju kebaikan,” ujarnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *