Dr H Rizal Akbar: ICMI Riau Siap Dukung Zona Ekonomi Syariah

Pelantikan pengurus ICMI Orwil Riau 2019-2024, Selasa (17/3) dihadiri Ketua Umum ICMI Pusat Prof DR Jimly Asshiddiqie dan Gubernur Riau H Syamsuar dan diketuai Prof. Dr. H. Alaidin Koto, MA

FULLRIAU.COM, Pekanbaru — Pemerintah Provinsi Riau harus menjadi yang terdepan dalam mendorong keinginan kita bersama untuk merealisasikan Riau sebagai Zona Ekonomi Syariah. Pasalnya, Riau sebagai Zona Ekonomi Syariah adalah harapan dan perjuangan kita semua.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Bidang Pengembangan Ekonomi Ummat ICMI Orwil Riau, Dr H Rizal Akbar M.Phil saat ditemui disela-sela acara pelantikan pengurus, Selasa (18/3 2020). Oleh sebab itu, kata lulusan terbaik program doktor pascasarjana Universitas Trisakti Jakarta ini, maka perlu upaya sekuat tenaga melahirkan program-program yang mendukung terwujudnya harapan tersebut.

”Insyaallah, dibawah bidang ekonomi ummat ICMI Riau memiliki Departemen Inovasi dan Kewirausahaan, Lembaga Keuangan & Permodalan, Industri Halal serta Pilantropi Islam. Semua departemen ini disis oleh para cendikia yang kompeten dalam bidangnya,” ungkapnya dengan yakin.

Sedangkan untuk Piantropi Islam Zakat & Wakaf dalam pandangan Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai ini maka harus dikembangkan bukan hanya memiliki fungsi distributif namun harus dapat didorong menjadi keuangan sosial yang mampu menumbuhkan ekonomi ummat dalam semangat keusahawanan.

Ketua Umum ICMI Pusat Prof DR Jimly Asshiddiqie bersama Wakil Ketua Bidang Pengembangan Ekonomi Ummat ICMI Orwil Riau, Dr H Rizal Akbar M.Phil

Pelatikan ICMI Orwil Riau tahun 2019-2024 pada Selasa (17/3) itu dihadiri oleh Ketua Umum ICMI Pusat Prof DR Jimly Asshiddiqie, Gubernur Riau H Syamsuar. Tak juga hadir Sekdaprov Yan Prana Jaya dan Asisten I Setda H Ahmad Syah Harrofie. Kepengurusan ICMI Riau yang baru ini dinahodai Prof. Dr. H. Alaidin Koto, MA selaku Ketua ICMI Orwil Riau periode 2019-2024. Dalam sambutannya, Alaidin menyatakan bahwa akan berupaya membawa ICMI Riau menjadi bagian strategis dalam memajukan pembangunan bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau.

Disamping itu, pada sambutannya Gubri H Syamsur menyampaikan harapan yang cukup besar pada kepengurusan ICMI Riau yang baru saja dilantik untuk dapat bersinergi dengan program pembangunan di Provinsi Riau. Diakhir sambutan, Gubri mengajak ICMI Riau untuk ikut dalam menghadapi tiga agenda utama pembangunan Riau yakni masalah toleransi beragama, menumbuhkan semangat wirausaha bagi kalangan generasi muda serta Riau sebagai zona ekonomi syariah sebagaiman yang dicanangkan Wakil Presiden RI dalam kunjungannya di Pekanbaru pada Jumat (6/3) yang lalu

Dalam sambutannya selaku ketua umum ICMI pusat, Jimly menyambut baik harapan Gubri tersebut. Beliau menegaskan kepengurusan ICMI Riau yang baru harus benar-benar dapat bersinergi dengan Gubernur Riau dalam mendukung segala program pembangunan. Beliau juga berharap kiranya Gubri selaku ketua penasihat ICMI Riau dapat menasihati pengurus ICMI Riau baik diminta maupun tidak diminta. Beliau menegsakan bahwa kecendikiawanan harus ditunjukan dengan aktivitasnya dalam mengintegrasikan Iptek dan Imtaq dalam proses pembangunan dan selain itu harus pula merapatkan barisan dalam menguatkan pengelolaan organisasi ICMI secara profesional. (Rls/FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *