Dua Hari, 7 Hektar Lahan Habis Terbakar

2316ilustrasi titik api2BUKITBATU- Kasus kebakaran lahan dan hutan di Bukit Batu tidak ada habisnya. Seperti kasus kebakaran lahan dan hutan yang terjadi selama dua hari berturut-turut di desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu. sekitar 7 hektar lahan dan hutan hangus dilalap si jago merah.

Bersama petugas dari Badan Peanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pihak Polsek Bukit Batu dibantu warga setempat melakukan pemadaman api yang terus membesar akibat hembusan angin yang sangat kencang. Dengan cepat api membakar.

“Ada sekitar 7 hektar lahan milik warga ini yang terbakar, kalau penyebabnya kami belum mengetahui, karena api sudah besar baru kami mendapat informasi,” Kapolsek Bukit Batu Kompol Sugeng. Selasa (12/1).

Api berhasil dipadamkan oleh pihak polsek Bukit Batu, Damkar Kecamatan Bukit Batu dan MPA, “alhamdulillah api berhasil dipadamkan dan saat ini hanya tingal kepulan asap” sebut kapolsek.

Selain itu pihaknya berharap tidak ada warga yang sengaja membakar lahan karena jika diketahui pelakunya akan lansgung diproses hukum. Menurut Sugeng, pihaknya tidak bosan bosannya mengingatkan pada Babinkabtibmas di wilayah hukum Kecamatan Bukit Batu untuk tetap terus waspada dan mengawasi warga yang akan membuka lahan atau membersihkan kebun, agar warga tidak melakukan pembakaran.

“Apabila kita temukan warga melakukan pembakaran lahan dengan disengaja, kita dari Kepolisian tetap mengambil tindakan tegas dengan menangkap untuk dipidanakan berdasarkan UU Kehutanan dan Lingkungan Hidup dengan ancaman penjara diatas 10 tahun dan denda diatas 100 juta rupiah,” tegas Sugeng. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *