DUMAI JUGA, Bulog Riau Datangkan Gula dari Jatim

48010-Bulog Riau-Kepri Tambah Stok Gula 200 Ton-635x437PEKANBARU– Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) bakal kedatangan 300 ton Gula pasir asal Jawa Timur (Jatim). Pasokan ini merupakan tahapan dari 1000 ton yang telah diusulkan BUMN ini.

Demikian disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Humas Bulog Divre Riau dan Kepri, Hendra Gunafi kepada wartawan Rabu (14/9) kemarin. Sebelumnya Bulog mendapat jatah 500 ton gula yang didatangkan terbagi dari Jakarta dan Medan.

“Kita akan kedatangan 300 ton Gula dari Jatim, artinya sudah 800 ton dari 1000 ton yang kita usulkan. Penambahan gula untuk semakin menguatkan stok, jaga-jaga Kalau nanti naik lagi,” katanya.

Sebelumnya gula pasir sempat menyentuh harga Rp 18 ribu perkilogram, jauh di atas harga normal Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram. Bulog menjual gula pasir dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 12.500 per kilogram.

“Untuk itu kita gencar operasi pasar dan mengoptimalkan 20 RPK (Rumah Pangan Kita) yang sudah bekerjasama dengan Bulog mendistribusikan gula lebih merata. Kalau kita lihat harga di pasaran sudah jauh menurun. Dari yang Rp 18 ribu sekarang sudah ada yang jual Rp 14 ribu sampai Rp 13.500 per kilogram. Jadi ada efeknya,” kata Hendra.

Untuk gula yang sudah dijual, berkisar 100 ton atau 20 persen dari stok yang tersedia. Ia menyampaikan 100 ton tersebut tidak hanya terjual di Pekanbaru saja, sebagian sudah ada yang dibawa ke Dumai Rengat mau pun Siak. Jadi Hendra optimis harga gula bisa kembali normal.
“Dengan kekuatan stok yang ada, kita optimis bisa menjual Rp 12 ribu per kilogram di akhir tahun. Sementara ini kita masih jual Rp 12.500 per kilogram,” sebutnya mengakhiri. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *