EFEK KEJUTAN, Agus-Sylviana Unggul Dalam Survei 3 Jam Setelah Pendaftaran

efek kejut cagubJAKARTA — Jajak pendapat warga Jakarta yang dilakukan 3 jam setelah pendaftaran Cagub dan Cawagub DKI Jakarta di KPUD kemarin malam, Jumat (23/9), menunjukkan hasil mengejutkan.

Survei dilakukan oleh Lembaga Survei Pemilu Indonesia dengan mengunakan metode sebaran media sosial WhatsApp terukur dan dipastikan 800 responden yang terpilih memiliki hak pilih dalam Pilkada DKI Jakarta.

para-pasangan-calon-paslon-gubernur-dan-wakil-gubernur-yang-_160924233436-314Dari pesan yang dikirim oleh LSPI kepada 800 responden pengguna WhatsApp Jakarta, yang memberikan respons sebanyak 730 responden, sementara 70 responden belum menjawab.

Adapun dalam waktu 3 jam pasca Pendaftaran di KPUD Jakarta, dalam survei jajak pendapat ditemukan bahwa pasangan Cagub-Cawagub yang paling memberikan rasa “surprise” dan menarik bagi 800 warga Jakarta adalah pasangan Agus H.Yudhoyono-Sylviana Murni. Pasangan ini dianggap memberikan rasa surprise dan sangat menarik warga sebesar 67,3 persen.

Sementara untuk pertanyaan yang sama, pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat hanya 15,4 persen.

Dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno hanya 7,2 persen. Yang tidak tertarik dan tidak merasa sebagai surprise adalah 10,1 persen.
Alasan warga sangat terkejut dan tertarik kepada pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana, karena pasangan ini tidak pernah masuk dalam perbincangam selama ini dalam pra pendaftaran ke KPUD. Yang paling menarik juga adalah nama Sylviana.

Alasan rendahnya rasa surprise dan menarik pada pasangan Ahok-Djarot serta Anies-Sandiaga karena mereka dianggap sudah membosankan warga.

Dalam pertanyaan on the spot pada 800 warga DKI, jika Pemilihan Gubenur Dan Wakil Gubenur DKI Jakarta digelar sekarang maka hasil jawaban warga adalah:
– Agus H .Yudhoyono-Sylviana Murni 36,3 persen;
– Ahok-Djarot 21,1 persen
– Anies Baswedan-Sandiaga Uno dipilih sebanyak 10.4 persen.
Yang belum memilih sebanyak 32,2 persen.

Sumber: RMOL

Dalam jajak pendapat disalah satu stasiun tv nasional, pasangan Agus-Sylviana secara mengejutkan juga mengungguli pasangan lain secara meyakinkan.

– Agus H .Yudhoyono-Sylviana Murni 57%;
– Ahok-Djarot 26%
– Anies Baswedan-Sandiaga Uno 17%.

“Dalam “perang” memang harus ada efek kejut untuk memenangkan pertarungan. Dan dalam politik harus bisa menciptakan momentum. Pencalonan Agus Harimurti membuktikan itu. Tinggal menjaga efek kejut dan momentum itu terus berlanjut,” ujar pegiat media, Cipta Panca Laksana.

Akankah efek kejut Agus-Sylvia mampu bertahan dan bahkan meningkat hingga bisa memenangkan Pilkada DKI 2017?

Kita tunggu kejutan-kejutan lain dari sang maestro strategi, Susilo Bambang Yudhoyono. (pp/nsc/*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *