EFEK LAIN TOL Pekanbaru-Dumai, Rumah Makan Lintas Dumai-Kandis Terancam Bangrut

Ruas tol Pekanbaru-Dumai dilihat dari atas.

FULLRIAU.COM — Sejumlah Rumah Makan ( RM) sepanjang jalan lintas Dumai- Duri-Kandis terancam kekurangan omset pendapatan atau terancam bangrut. Pasalnya tidak lain, sejak dibukanya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sehingga kurangnya kendaraan umum melintas.

Hasil pantauan di seluruh warung makan di sepanjang jalur Dumai, Duri, Kandis dan Pekanbaru tepatnya di hentian bus dan travel di Kandis, terlihat sepi dari pengunjung.

“Sepinya pengunjung waktu pertama kali tol Permai dibuka. Dan apalagi Gratis, dampaknya ada penurunan, dampaknya sangat dirasakan kami,” ujar Fauzii (32), salah satu pemilik warung.

Dengan sepinya pengunjung kata Fauzi maka  pendapatannya menurun hingga sampai 60 persen. Bahkan, dalam sehari hanya ada 5 mobil yang berhenti disini, itupun mobil perusahaan, Dan para supir truk dan pengendara sepeda motor.

“Semakin hari semakin sepi saja. Kondisi ini sangat jelas membuat pendapatan kami menurun tajam dan terancam bangkrut,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Rohmah (26), bahkan mengatakan  usaha warung makannya terancam gulung tikar jika tidak ada peningkatan pengunjung, bahkan menurutnya pengujung warung makannya semakin lama semakin jarang pengunjung.

“Saat ini kami hanya menyediakan mi instan saja dan beberapa minuman. Padahal sebelumnya kami berjualan berbagai makanan seperti nasi dan lauknya.” tuturnya.

Walaupun efek positif dari beroperasinya Jalan Tol Permai adalah makin cepatnya hubungan Pekanbaru-Dumai. Cukup dengan waktu tempuh 2 jam maka sudah sampai ditempat tujuan. Apalagi mobilisasi kendaraan pasca diresmikan Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 25 September 2020 merupakan rangkaian dari proyek ruas jalan Tol Trans Sumatera. ***


Editor: Wadami

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *