Ekspedisi Islam Nusantara Akan Sambangi Siak

Asisten I Setdakab Siak Fauzi Asni membuka rapat persiapan penerimaan kunjungan ekspedisi Islam Nusantara di Ruang Sri IndrapuraSIAK- Jika tak ada aral melintang, diperkirakan Tim Ekspedisi Islam Nusantara yang ditaja Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, akan menyambangi Kota Siak Sri Indrapura 7 Mei 2016 mendatang.

Rencana Kunjungan Tim Ekspedisi tersebut merupakan bagian dari rangkaian tour nusantara dilakukan selama dua bulan di puluhan tempat dari Aceh hingga Papua.

“Tim Ekspedisi Islam Nusantara ini, rencananya akan melibatkan 30 orang yang dipimpin Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Imam Pituduh” Sebut Fauzi saat memimpin rapat persiapan penyambutan di Siak Sri Indrapura Meeting Room (13/4).

Selain itu kata dia, rombongan juga akan mengikutsertakan beberapa wartawan media cetak, online, televisi, serta fotografer dan tim penulis khusus untuk kepentingan penyusunan buku.

Tujuan dari ekspedisi ini kata Fauzi, mirip dengan kegiatan kapsul waktu yang pernah melintasi Kabupaten Siak beberapa waktu lalu, yaitu mengenang perjalanan sejarah yang ada ditiap-tiap daerah. “Mereka ingin mengenang sejarah kebesaran peradaban Islam dimasa lalu khususnya terkait Kerajaan Siak Sri Indrapura” sebutnya.

Tim ekspedisi ini dalam lawatannya ke Kabupaten Siak, akan melaksanakan agenda Coaching Clinic seputar “Deradikalisasi dan Anti Narkoba” oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) di SMAN 1 Siak.

Selain itu juga akan dilaksanakan Seminar Lintas Iman dan Lingkungan di Gedung Tengku Maharatu, dengan menyandingkan Bupati Siak Syamsuar sebagai narasumber, bersama pembicara dari Kementerian Agama, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta Otoritas Jasa Keuangan.

Seperti halnya di beberapa daerah lain, tim ekspedisi akan melihat bagaimana nilai-nilai toleransi dan akulturasi agama dan kebudayaan membaur ditengah-tengah masyarakat, misalnyanya melalui spirit keislaman, kebhinnekaan dan solidaritas sosial, kesenian, tana busana dan tradisi lokal.

“Rencananya kita juga akan tampilkan kesenian tradisional Melayu Siak, misalnya tari persembahan selamat datang pada hari pertama kedatangan” ungkap Fauzi.

Sementara itu Yurnalis, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Siak mengatakan, Kabupaten Siak terpilih menjadi 40 daerah yang akan dikunjungi tim ekspedisi tahun ini. Saat ini kata dia, berdasarkan informasi dari Wasekjen PB NU Imam Pituduh sudah memulai ekspedisi dan sudah berada di kota Gresik Jawa Timur.

“Insyallah tanggal 6 Mei nanti, mereka tiba di Pekanbaru dan langsung menuju Siak Sri Indrapura. Puncak kegiatan rencananya akan dilaksanakan tanggal 7 dan 8 Mei nanti” kata Yusnalis sambil menyebut jadwal kunjungan tim ekspedisi.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *