Gawat! Pasang Keling Rendam Dumai Hingga Capai 50 cm

pasang keling21DUMAI–Meski tidak ada hujan yang turun, banjir tetap saja menghantui warga Dumai. Seperti yang terjadi Ahad pagi (18/9). Dimana ribuan rumah warga dibeberapa kelurahan seperti Buluh Kasap,Pangkalan Sesai , STDI, Laksamana , Rimba Sekampung dan lain terendam banjir akibat naiknya air laut kepermukaan atau dikenal pasang keling.

Pantauan dilapangan, diperkirakan Ketinggian air mencapai 50 cm, tidak hanya rumah sebagian akses jalan raya ikut terendam air laut seperti di Budi Kemuliyaan, Cempedak, Ombak, Sultan Syarif Kasim dan Dock Yard. Salah seorang warga Kelurahan Buluh Kasap, Beni mengatakan pasang keling yang terjadi kali ini dianggap paling besar dibandingkan biasanya.

“Fenomena pasang keling memang hal biasa terjadi,namun Ketinggian air mencapai 50 cm ini dianggap kejadian luar biasa “, sebutnya sembari menambahkan air mulai masuk kedalam rumah sekitar pukul 06.15 WIB
Menurut warga,pasang keling kali ini luar biasa, karena jarang – jarang air masuk hingga kedalam rumah biasa sampai didepan teras saja,sambung Beni

pasang keling1Akibat fenomena alam ini ,hari libur warga terpaksa diwarnai kesibukan membersihkan rumah, satu persatu peralatan rumah diselamatkan khususnya yang mudah berkarat maklum air yang merendam kali ini merupakan air asin.

Menurut dia ,dampak pasang keling menimbulkan kerugian besar bagi warga , banyak peralatan rumah tangga yang tidak berbahan stainles jadi berkarat seperti sepeda motor,kulkas dan sebagainya.

”Kami harapkan pemerintah dapat bertindak dan mencari solusi untuk mengatasi fenomena pasang keling ini. Warga beranggapan pasang keling terjadi karena saluran sungai sudah dangkal, sudah selayaknya dinormalisasikan oleh pemerintah ditambah fungsi pintu air yang tersedia tidak beroperasi maksimal,” ungkapnya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *