Gawat,… Titik Api Mulai Bermunculan di Bengkalis

2316ilustrasi titik api2BENGKALIS- Panas terik yang melanda Kabupaten Bengkalis berdampak pada munculnya sejumlah titik api di beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Hal ini membuat regu pemadam kebakaran BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis harus kembali kerja ekstra keras.

Kepala BPBD Damkar, Mohd Jalal melalui Kabid Damkar Suiswantoro, Senin (11/1) mengatakan sesuai dengan prediksi BMKG Riau saat ini sudah memasuki musim kemarau. Menurutnya, panas terik yang diiringi tiupan angin berdampak pada munculnya titik api. “Di Bukit Batu seperti di Desa Pakning Asal sampai sekarang masih dilakukan pemadaman oleh petugas di lapangan, sementara untuk di Bengkalis ada di Desa Kelamantan, di Siak Kecil di Desa Bandar Jaya, keduanya sudah berhasil dilakukan pemadaman,”ujar Suis, Senin (11/1).

Disampaikan Suis, meski panas, petugas masih belum mengalami kesulitan soal sumber air dilapangan. “Alhamdulillah, sumber air masih mudah di dapatkan. Dengan keadaan seperti, kita sudah menyiapan personil damkar dan MPA agar siaga dilapangan,”ucapnya. Untuk itu kata Suis, pihaknya kembali mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tidak melakukan pembakarab, baik di saat membersihkan lahan ataupun membuka lahan perkebunan baru.

“Melalui para kepala desa kita juga menghimbau, untuk terus mematau terutama waga desanya yang memiliki lahan perkebunan sekala besar,untuk senantiasa diawasi agar tidak melakukan pembakaran saat pembersihan lahan. Kita sudah cukup menderita akibat dari kebakaran lahan dan hutan, jangan pernah terulang lagi,” himbau Suis. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *