Gunakan Hak Pilih Secara Cerdas dan Benar

suratDURI  – Dewan Pimpinan Tinggi (DPTD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang terdiri dari jajaran pengurus DPD dan MPD mengajak seluruh masyarakat menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan benar, pada Pilkada Bengkalis 9 Desember 2015, Rabu besok. Pilihlah calon bupati Bengkalis yang terbaik, punya integritas serta yang tidak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

“ Jangan ada yang golput (tidak memilih,red). Sebab satu suara sangat menentukan arah kebijakan dan pembangunan kabupaten Bengkalis lima tahun ke depan. Pemilih hendaknya menggunakan hati nuraninya, jangan terjebak isu-isu menyesatkan, apalagi money politik. Pemilih punya hak seluas-luasnya dalam menentukan sikap pilihannya dan tidak boleh diintervensi siapapun,’’ ujar Ketua DPD PKS Kabupaten Bengkalis Khairul Umam didampingi Ketua MPD PKS Kabupaten Bengkalis Henawan, Nurya Syafii (sekretaris) dan Eko Wahyudi (bidang hubungan media) kepada  Senin (7/12) kemarin.

Khairul Umam juga meminta kepada penyelenggara pilkada untuk bersikap, adil dan netral, tidak melakukan tindakan yang dapat menguntungkan paslon (pasangan calon) tertentu. Marwah pilkada ini harus dijunjung tinggi, agar lahir pemimpin yang dikehendaki rakyat. “ Pihak keamanan agar meningkatkan pengamanan jelang hari H pencoblosan. Jangan sampai ada kegaduhan yang dapat menciderai pelaksanaan pilkada,’’ ungkapnya.

Kemudian kepada masing-masing paslon yang bertarung bersama tim pemenangannya, diharapkan saling menjaga dan menahan diri, tidak melakukan upaya-upaya yang dapat memancing situasi tidak kondusif. Apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan dalam melaporkan ke aparat keamanan dan penyelenggara.

“ Tidak boleh melakukan tindakan sendiri-sendiri. Dikuatirkan memancing konflik di tingkat bawah. Tentu kita tidak ingin pilkada ini tidak bermartabat. Sehingga bupati yang terpilih pun orang-orang yang bermartabat, bersaing secara sportif, siap menang dan siap kalah. Yang menang merangkul yang kalah. Bagi yang kalah mendukung yang menang. Inilah yang kita harapkan,’’ papar Khairul Umam lagi.

Ditambahkan Ketua MPD PKS Kabupaten Bengkalis Henawan, ketiga paslon diharapkan untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat melanggar undang-undang dan peraturan pilkada. Sebab siapapun nanti yang terpilih pada prinsipnya mereka akan jadi pelayan masyarakat, memberikan semua kemampuannya untuk masyarakat, melaksanakan pembangunan yang pro rakyat serta melakukan tugas-tugas mulia sebagai pemimpin. “ Bersainglah secara fair. Jangan masyarakat yang dirugikan,’’ katanya.

Kepada pemangku wilayah seperti lurah, kades, ketua RT dan ketua RW, untuk tidak terlibat politik mengarahkan suara pada salah satu paslon. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tingkat bawah, keempatnya harus bersikap mengayomi, dan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. Bukannya menjadi bagian dari tim pemenangan yang menguntungkan paslon tertentu. “ Bagi pemilih pemula yang jumlahnya cukup signifikan inilah kesempatan bagi mereka untuk belajar politik menyalurkan hak suaranya dengan benar, sesuai dengan apa yang mereka ketahui. Tegakkan integritas diri, jadilah pemilih yang cerdas,’’ tukas Henawan.(FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *