Guru Diminta Perketat Pengawasan Pada Anak

hpDUMAI— Dinas Pendidikan Kota Dumai mengimbau seluruh tenaga pendidik dan seluruh siswa agar tidak terpengaruh dengan permainan game Pokemon Go di lingkungan sekolah.Selain Pokemon Go, larangan juga berlaku bagi permainan game virtual berbasis Global Positioning System (GPS) lainnya.

Larangan itu, disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dumai Syaari, apalagi ini merujuk pada surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan–RB) Nomor: B/2555/M.PANRB/07/2016 tertanggal 20 Juli 2016 perihal larangan bermain game virtual berbasis GPS di lingkungan instansi pemerintah.

“Larangan ini sebagai langkah antisipasi atau pencegahan guna mendukung kewaspadaan nasional dan mencegah timbulnya potensi kerawanan bidang keamanan serta kerahasiaan instansi pemerintah.” Sebutnya. Selain itu juga untuk menjaga produktivitas dan disiplin para guru di lingkungan sekolah serta kefokusan siswa dalam proses belajar mengajar .

Bahkan ia meminta para kepala sekolah dari tingkat PAUD hingga SMA/sederajat untuk mengawasi guru, staf sekolah dan siswa dalam penggunaan ponsel selama di sekolah. Bila perlu pentingnya dilakukan inspeksi mendadak (Sidak) berkaitan penertiban handphone (HP) untuk bermain game, bukan hanya Pokemon Go saja, juga game lainnya, apalagi bermain disaat jam belajar sekolah. Kemudian ia juga mengingatkan para orang tua agar meningkatkan pengawasan kepada anak dirumah, terutama yang leluasa diberikan Handphone, tujuannya agar proses belajar anak tidak terganggu.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *