HABISLAH! Mabes Gagalkan Ratusan Balpress Tanpa Dokumen Lengkap

balpersDUMAI – Kapal KM Sinar Abadi membawa ratusan Bal tidak memiliki dokument lengkap tak berkutik saat digagalkan Kapal Polisi Perairan Markas Besar Polisi (Polair Mabes) KP Kedidi 3015, Selasa (29/3) sekitar pukul 21.00 WIB di perairan Kabupaten Siak.

Kapten Kapal Mabes Polair 3015, KP. Kedidi Iptu Nicho Ericson menjelaskan, kronologis penangkapan berawal dari informasi masyarakat, mengatakan bahwa ada modus operasi baru dalam pengiriman balpress dari negara Singapura masuk ke Indonesia melalui antar pulau. “Berasal dari Singapura bal pres diduga dibawa ke pulau Tanjung Pinang, kemudian dibawa dengan menggunakan kapal ke pulau salah satunya Dumai dan Pekanbaru,” terangnya.
Setelah mendapat informasi, kemudian Kapal Patroli Polair Mabes Polri melakukan penyelidikan dilapangan dengan membagi tim menjadi 2, satu berjaga-jaga di perairan Pakning dan 1 melakukan penyelidikan di muara siak. Sekitar pukul 21.00 WIB petugas menemukan kapal dengan nama KM. Sinar Abadi sesuai dengan informasi oleh masyarakat tersebut, lalu didatangi dan kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap kapal tersebut.

“Kita lakukan pemeriksaan terhadap Nakhoda, ABK dan muatan kapal tersebut, dibagian atas ditemukan 3 unit mobil dan sepeda motor dengan nomor polisi asal kepulauan riau, lalu ketika hendak melakukan pemeriksaan dibagian palka kapal, kita sedikit kesulitan karena diatasnya ada mobil, dan botol-botol aqua galon.” Sebut Iptu Nicho.

Tidak kehabisan akal, Polisi masuk melalui kamar mesin, dan terdapar celah yang bisa dibuka menuju ke Palka, didalam palka Petugas menemukan Karung-karung yang dibungkus rapi dengan menggunakan plastik hitam. “Saat dibuka ditemukan barang-barang bekaa didalamnya, kemudian Kapal dikawal ke Dumai, kebetulan TKP dekat dari Dumai, selanjutnya nelakukan koordinasi dengan pihak BC dan Sat Polair Polres Dumai,” terangnya.

Selanjutnya Kamis (31/3), muatan kapal tersebut dibongkar, dengan disaksikan oleh perwakilan BC dan Sat Polait Polres Dumai, dan ditemukan sekitar 500 bal pres berisikan barang bekas.”Dan 10 orang yang berada diatas kapal yakni ada 6 ABK, 2 orang siswa SMA Pelayaran sedang magang, dan 2 orang penumpang, dibawa ke Mako Polair Polres Dumai untuk dimintai keterangan,” tambahnya.

Sementara itu Kasat Polair Polres Dumai AKP Yudhi Franata SIK saat dikonfirmasi membenarkan telah menerima pelimpahan barang bekas diduga asal luar negeri dari KP. Kedidi Mabes Polri “Hari ini kita (sore (1/4) kita limpahkan ke Pihak BC, Untuk mencegah hal serupa terjadi di perairan Dumai, kita meningkatkan patroli diperairan, dan melakukan berkoordinasi dengan pihak terkait,” ujarnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *