Hadapi Gugatan di MK, KPU Rohil Rangkul Kejari

8-ft min Pelanggaran Pilkada Rohil,BAGANSIAPIAPI -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir dalam.rangka menghadapi gugatan pasangan calon (paslon) nomor 4 di Mahkamah Konstitusi (MK), melakukan kerja sama dengan Kejaksaan Negri Kejari Bagansiapiapi untuk mewakili KPU Rokan hilir dalam kedudukannya sebagai termohon dalam perkara perselisihan penetapan perolehan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan hilir tahun 2015. Kpu yang lagsung dipimpin Ketua KPU Agus Salim dan komisoner KPU Kasmer Dahlan, Taufik dan Sekretris KPU Andi Rahman menyerahkan SUrat Kuasa Kusus (SKK) kepada Kepala Kejari Rohil Bima Suprayoga, Jumat (8/1) pagi. Untuk gugatan KPU Rohil perkaranya terdaftar di kepanitraan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan Nomor : 92-PHP-BUP-XIV-2016 tanggal 04 – januari - 2016.

“SKK dari KPU Rokan hilir kepada Kajari Bagansiapiapi perlu kami buat dan kami serahkan sebagai bukti bahwa kajari Bagansiapiapi yang merupakan Jaksa Pengacara Negara secara resmi menjadi pendamping hukum atau pengacara KPU Rokan hilir dalam rangka menghadapi gugatan yang kami terima. ” kata Agus Salim.

Dengan demikian Kajari Bagansiapiapi sebagai penerima kuasa berhak membuat dan menandatangani eksepsi / jawaban serta surat surat lainnya yang berhubungan, memberikan atau menyanggah keterangan-keterangan atau bukti-bukti, menghadirkan atau menolak kehadiran saksi, menyanggah keterangan saksi, melakukan tindakan tindakan hukum lainnya baik diluar maupun didalam pengadilan yang perlu dan bermanfaat bagi penyelesaian ini.

Agus Salim menambahkan, Adapun materi gugatan yang telah di layangkan oleh penggugat kepada KPU Rokan hilir antara lain Proses pemungutan di Kecamatan Sinaboi dimana penggugat menduga TPS 03 dan 04 Kepenghuluan Darussalam berada di wilayah hukum Kota Dumai. kemudian penggugat juga menduga bahwa adanya masyarakat Dumai sebanyak 8 orang yang memberikan hak pilihnya di TPS Rokan hilir.

Adapun gugatan lainnya yaitu proses pemungutan dan penghitungan di Kecamatan Pasir limau kapas. “Dimana penggugat menduga bahwa ada pemilih yang bukan pendudukRokan hilir telah memberikan hak pilihnya di TPS 03 Desa Sungai Daun Kecamatan Palika,” jelas Agus Salim.

Untuk gugatan terakhir terhadap KPU Rokan hilir terkait proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS 17 Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko. Penggugat menduga petugas KPPS telah melakukan kecurangan dengan memasukkan pemilih fiktif sebanyak 53 orang untuk memilih salah satu paslon di TPS tersebut.

Menyikapi gugatan tersebut diatas , KPU Rokan Hilir bersama dengan Kuasa Hukum yang telah ditunjuk yaitu Tim Jaksa Pengacara Negara dari Kajari Bagansiapiapi , akan memberikan jawaban yang sesuai dengan fakta dilapangan tanpa bermaksud untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun. KPU Rokan hilir dalam menyikapi  gugatan ini tetap berprinsip senantiasa menjunjung tinggi nilai kejujuran dan menegakkan nilai nilai keadilan.

Komisioner KPU Rohil Kasmer Dahlan menambahkan, KPU Rokan hilir tetap menghargai dan sangat menghormati tindakan penggugat karena itu merupakan hak konstitusi yang mereka miliki. Namun KPU Rokan hilir juga mengaharapkan kepada semua pihak untuk dapat menghargai dan menghormati apapun keputusan yang akan dihasilkan agar cita-cita perjuangan pembentukan Kabupaten Rokan hilir oleh para pendahulu dapat terwujud. “Tanggung jawab pembangunan dan kemajuan Kabupaten Rokan hilir merupakan tanggung jawab kita semua. Mari kita wujud kan masyarakat yang sejahtera dan Rokan hilir yang cemerlang , gemilang dan terbilang.’ kata Kasmer.

Sementara itu Kajarai Bagansiapiapi Bima SUprayoga akan menjalankan amanah yang diberikan untuk mewakili dna mendampingi KPU Rokan Hilir dalam Sidang di MK. “Kita diminta menjadi Jaks aPengacara Negara, tentunya sesuai Undnag-Undnag kita siap untuk menjalankan tugas dan amanah yang diberikan,” kata Bima SUprayoga. Adapun Jaksa pengacara yang akan ditunjuk diantaranya Andreas Tarigan, SH, Kasidatun Kejari Rohil, M.Amriansyah yang juga Kasipidsus Kejari Rohil. Odit Megonindo Kasintel Kejari Rohil dan Eddy Sugandhi dan terakhir Juni Mero, SH.(Eka)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *